Sekilas Info

Festival Tenun Ikat Sintang Dibuka, Anum: Jangan Hanya Sekali

Penjabat Bupati Sintang Florensius Anum Membuka Festival Tenun ikat di Galeri Motor Bandong, Rabu (5/11/2020)

SINTANG | SenentangNews.com- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, menggelar Festival Tenun Ikat tahun 2020 yang dilaksanakan di Galeri Motor Bandong, Jalan Kelam, Rabu (4/11/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan pertama kalinya ini bertepatan dengan Festipal Kabupaten Lestari 2020. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat bupati Sintang Florensius Anum dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Sintang serta para pengrajin tenun ikat khas Sintang lainnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan Festival Tenun Ikat tahun 2020 sebagai ajang promosi kain tenun ikat khas Sintang,

“Tujuannya untuk mempromosikan tenun ikat, supaya tenun ikat ini dijual secara online, agar bisa dilihat semua orang dan orang berniat untuk membelinya, “kata Hendrika.

Menurut Hendrika, dengan kegiatan seperti Festival Tenun Ikat ini dapat membangkitkan semangat para pengrajin serta dapat meningkatkan ekonomi ditengah pandemic Covid-19 yang terjadi sekarang.

“Dengan diselenggarkaannya kegiatan ini paling tidak para penenun semakin semangat untuk menenun, apalagi disaat kondisi Covid-19 ini, paling tidak taraf ekonomi mereka tidak menurun,”jelas Hendrika.

Hendrika optimis bahwa pelaksanaan Festival Tenun Ikat dapat dilakukan setahun sekali dan menjadi agenda Pemerintah Sintang dalam mempromosikan budaya tenun ikat itu sendiri.

“Kedepan kita harapkan bisa dilakukan secara mandiri dengan dibantu dari pihak ketiga, semua ini agar tenun ikat khas sintang bisa menjadi terkenal baik ditingkat local maupun mancanegara,”tutup Hendrika.

Penjabat Bupati Sintang, Florentinus Anum menyampaikan apreisasinya terhadap kegiatan Festival Tenun Ikat yang bertepatan dengan Festpal Kabupaten Lestari tahun 2020.

“Selaku Pjs Bupati Sintang mengucapkan terimakasi dan apresiasi kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang yang telah menggagas kegiatan Festival Tenun Ikat Kabupaten Sintang tahun 2020 ini”, kata Anum.

Menurut Anum, kegiatan Festival Tenun Ikat Kabupaten Sintang tahun 2020 ini merupakan kegiatan yang penting sangat strategis dalam mempromsikan budaya masyarakat di Kabupaten SIntang ini.

“Kalau bisa wajib dilaksanakan,jangan hanya sekali setahun saja melainkan berkelanjutan,” ucapnya.
Kedepan Anum berharap kepada Instansi terkait dapat mengembangkan dan membantu para pengrajin tenun khas Sintang melalui pembinaan.

“Harapan saya para penenun terus diberdayakan sehingga kedepan asas manfaat bias dirasakan sampai anak cucu kita kedepannya,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!