Sekilas Info

41 Perusahaan di Sintang Terima CSR Award 2020

Penjabat Bupati Sintang didamping Sekda Sintang dan Kepala Bappeda menyerahkan CSR Award tahun 2020 di Pendopo bupai Sintang

SINTANG | SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar penganugerahaan Corporate Social Responsibility (CSR) Award Tahun 2020 kepada para perusahaan perkebunan sawit dan kayu, perbankkan serta credit union yang telah menyampaikan laporan CSRnya kepada Pemkab Sintang, selama tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo bupati Sintang tersebut dihadiri 41 perusahaan terdiri dari perusahaan sawit 36, perbankkan 4 dan credit union 1 dibuka langsung Penjabat bupati Sintang Florentinus Anum , Selasa (4/11/2020) malam.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus mengatakan tujuan dari CSR Awards ini adalah sebagai bentuk apresiasi Pemkab Sintang dalam memberikan memotivasi kepada perusahaan dan badan usaha yang telah bersungguh-sungguh menyalurkan program tanggung jawab sosial perusahan (TSP) atau CSR nya.

“Bagi perusahaan yang tidak menyampaikan laporan CSRnya maka tidak kami undang. Jadi yang hadir malam ini semua perusahaan dan badan usaha yang telah menyampaikan laporan penyaluran CSR kepada masyarakat,”kata Kartiyus.

Kartiyus menjelaskan, pada tahun 2019 lalu perusahaan yang melaporkan CSRnya ke Bappeda Kabupaten Sintang sebanyak 27 perusahaan dengan total nilai CSR Rp. 7.763.720.623. Sementara tahun 2020 ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan dimana perusahan yang telah menyampaikan laporan CSRnya menjadi Rp. 18. 340.500.826.

“Tentu ini menjadi kebanggan Pemkab Sintang kepada setiap perusahaan yang telah berkontribusi dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Sintang ini,”ucapnya.

Untuk proses penilaiannya, kata Kartiyus, ada 10 kategori, yaitu bidang infrastruktur, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang keagamaan, bidang sosial budaya, bidang olahraga, bidang ekonomi kerakyatan, bidang lingkungan hidup, penanganan covid-19 dan penurunan prevalensi stunting.

“Kami yakin dan percaya bahwa seluruh perusahaan yang hadir pada malam hari ini baik yang sudah menyampaikan laporan namun belum terpilih mendapatkan penghargaan pasti sudah berbuat banyak membantu masyarakat dan pemerintah daerah melalui program CSRnya,”beber Kartiyus.

Kartiyus menerangkan Pemerintah Kabupaten Sintang terus memotivasi perusahan, perbankkan dan credit union agar semakin serius dalam penyaluran kegiatan CSR dan semakin aktif menyampaikan laporan rencana dan realisasi kegiatan CSR masing-masing perusahaan.

“Misalkan perusahaan sudah melakukan perbaikan jembatan, jalan atau lainnya berarti kami pemerintah tidak perlu lagi menganggarkan APBD untuk pemeliharaan jembatan, jalan atau bidang lainnya. Itulah gunanya database CSR, jangan sampai tumpang tindih,”jelas Kartiyus.

Penjabat sementara Bupati Sintang, Florentinus Anum menyampaikan bahwa alokasi dana umum dari pemerintah pusat sangat terbatas untuk dapat mengakomodir seluruh usulan kegiatan pembangunan yang diusulkan oleh masyarakat melalui Musrenbang. selain itu, pada masa pandemi ini, telah dilakukan refocusing anggaran belanja yang dialokasikan untuk penanggulangan covid-19.

“Keberadaan dan kontribusi perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Sintang melalui program dan kegiatan TSP/CSR akan sangat membantu masyarakat di sekitar wilayah kerjanya mengatasi permasalahan-permasalahan pembangunan yang ada.

Anum juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perusahaan dan badan usaha yang telah secara luar biasa berkontribusi membantu masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sintang dalam pembangunan melalui perogram TSP/CSR.

“Saya berharap seluruh perusahaan dapat secara rutin menyampaikan laporan program dan kegiatan CSR kepada pemerintah Kabupaten Sintang sehingga kedepan program CSR dapat memajukan pembangunan di bumi Senentang ini,”tukanya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!