Sekilas Info

Wujudkan Percepatan Pembangunan, TMMD ke-109 Berakhir

SINTANG I SenentangNews.com- Setelah satu bulan berlangsung, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di wilayah Kodim 1205 Sintang yang di gelar di Kecamatan Ketungau Tengah Desa Tirta Karya dan Desa Wirayuda secara resmi di tutup Komandan Korem 121 Abw Brigjen TNI Ronny, di Pendopo bupati Sintang, Rabu (22/10/2020).

Dalam laporannya Komandan Kodim 1205 Sintang Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan mengatakan pelaksanaan TMMD ke-109 telah menuntaskan pembangunan jalan darat dari Desa Tirta Karya menuju Desa Wirayuda sepanjang 11 KM dengan lebar 6 meter, 2 buah jembatan dan pemasangan 6 gorong-gorong.

"Kini dengan jalan pendekat yang dikerjakan jajaran TNI bersama perangkat terkait, serta masyarakat yang ikut bergotong-royong, Jalan ini sudah dimanfaatkan masyarakat setempat,"kata Dandim.

Selain pembangunan Jalan, lanjut Dandim, melalui program TMMD juga dilakukan pertemuan dan sosialisasi gerakan cinta tanah air, bela negara, ketahanan nasional, wawasan kebangsaan, ketahanan negara, persatuan dan kesatuan.

"Melalui kegiatan non fisik yang berkaitan dengan pembangunan pembinaan mental spiritual, peningkatan literasi di pedalaman melalui pendirian perpustakaan terapung kiranya bisa membantu masyarakat di daerah perbatasan,"jelas Dandim.

Komandan Korem 121 Abw Brigjen TNI Ronny menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah mendukung pelaksanaan TMMD. Melalui kegiatan ini, diharapkannya memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat di daerah perbatasan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi dan bergotong-royong melalui program TMMD ini,” ungkapnya.

Dari hasil evaluasi, menurut Danrem penyelenggaraan TMMD di Kecamatan Ketungau Tengah, berjalan lancar, tertib dan aman, dengan hasil yang sangat menggembirakan.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan apresiasi dan penghargaan pada seluruh Satgas TMMD yang telah mewujudkan pencapaian sasaran sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan,” jelas Danrem.

Pjs Bupati Sintang Florentinus Anum mengapresiasi sebesar - besarnya program TMMD. Menurut Anum TMMD adalah bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat.

"Kita cukup bangga, Sintang menjadi kota yang mendapatkan program ini. Terima kasih buat TNI. Program TMMD sangat membantu," katanya.

Ke depan jika Sintang kembali dipilih sebagai kota yang mendapatkan program TMMD, Kata Anum pemerintah kota Sintang siap membantu TNI dalam menjalankan program TMMD.

"Pemda pasti mendukung program penuh dari TNI. Apalagi ini program yang bersentuhan dengan rakyat. TMMD adalah salah satu bentuk nyata dari peran TNI serta dalam program pemerintah. TMMD bukti nyata TNI dekat masyarakat," jelas Anum.

Penulis: Oktavianus Beny