Sekilas Info

BPN Sintang Serahkan 765 Sertifikat Tanah di Kelam Permai

Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat Menyerahkan Secara Simbolis Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Kelam Permai

SINTANG | SenentangNews.com- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sintang mendistribusikan sertifikat tanah, melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sebanyak 765 bidang tanah milik masyarakat di wilayah kecamatan Keam Permai telah disertifikasi. Penyerahan dilakukan Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat di Aula Pertemuan Kantor Camat Kelam Permai, pada Rabu (14/10/2020).

Kepala ATR BPN Kabupaten Sintang, Junaedi mengatakan Penyerahan sertifikat tanah merupakan tahap awal untuk tahun 2020. Sebanyak 7.350 bidang tanah yang sudah di sertifikat yang seharusnya 12.000 namun dikarenakan ada pandemi Covid-19 membuat pekerjaan sedikit terganggu.

“Untuk tahap awal sudah didistribusikan sebanyak 7350 bidang tanah. Kami bangga kalau bisa menerbitkan 100.000 sertifikat dalam satu tahun anggaran,” kata Junaedi.

Junaedi berharap kedepan tanah milik masyarakat di Kabupaten Sintang bisa tersertifikasi baik untuk tanah perkumpulan, lembaga pemerintah maupun non-pemerintah supaya masyarakat dan Negara bersinergi dengan baik, dan berdampak kepada pembangunan ekonomi yang baik.

“Manfaatkan sertifikat tersebut dengan baik, jaga jangan sampai rusak dan jangan sampai hilang, pesan kepada masyarakat bahwa sertifikat pengganti itu biayanya lebih mahal daripada sertifikat buat baru, saya minta tolong masyarakat menjaga lahannya masing-masing, dan jangan lupa tolong dipatok dan digarap tanahnya,”harapnya.

Camat Kelam Permai, Lunsa Balu memberikan apresiasi terhadap ATR BPN Sintang telah menerbitkan sertifikat tanah kepada masyarakat khusunya di wilayah Kecamatan Kelam Permai sehinnga hak kepemilikan bagi masyarakat kedepan jelas adanya.

“Kami bersyukur sudah mendapatkan sertifikat ini, kami khawatir takutnya ada tanah masyarakat yang masih belum di sertifikatkan, untuk diwilayah Kecamatan Kelam Permai pada tahun ini yang mendapatkan sertifikat dari program redistribusi ada dua desa yakni, desa Kelam Sejahtera,dan Desa Ensaid Panjang,”jelasnya.

Terpisah Pjs Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat berharap program sertifikasi tanah gratis mendapatkan animo tinggi masyarakat. “Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pemilik tanah agar mendapatkan kepastian hukum atas aset tanah yang dimilikinya,” katanya.

Yasser menilai program PTSL ini sangat menguntungkan masyarakat baik di kota dan desa. Karena itu ia berharap, masyarakat yang tanahnya belum sertifikat agar segera mendaftarkan dengan taat prosedur yang ditetapkan ke BPN.

“Kami berharap kepada BPN agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan dapat lebih banyak lagi desa-desa yang menerima program serupa dimasa yang akan dating. Sertifikat tanah yang diberikan ini akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat,”harap Yasser.

Penulis: Oktavianus Beny