Sekilas Info

CU Keling Kumang Talangi Rp 8,2 Miliar Untuk Pemasangan Listrik Desa

CEO CUKK Valentinus

SINTANG | SenentangNews.com - Menikmati pembangunan merata adalah impian bagi banyak orang, terutama di wilayah pedalaman Kalimantan Barat. Salah satu hal mendasar yang sangat dibutuhkan adalah listrik. Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan sinergisitas antara semua stakeholder yang ada. Baik pemerintah maupun swasta.

CU Keling Kumang (CUKK), sebagai sebuah lembaga penyedia modal rakyat yang berada ditengah-tengah rakyat, merasa terpanggil turut membantu agar masyarakat dapat menikmati sumber daya milik negara ini. Caranya dengan mengorganisir kelompok untuk mendapatkan pinjaman kelompok, yang digunakan khusus untuk pembiayaan pemasangan kWh listrik.Tidak hanya itu, CUKK juga mendampingi kelompok dalam hal pengelolaan keuangan, agar pengembalian pinjaman para anggota tetap lancar tanpa kendala.

Ilustrasi KWh

Menurut CEO CUKK Valentinus saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/10/2020), hingga bulan Oktober 2020 ini, CUKK telah menggelontorkan pinjaman untuk pemasangan instalasi listrik di desa-desa sebanyak Rp 8,2 miliar. Jumlah ini disalurkan melalui 132 kelompok dan sudah terpasang di 1.774 rumah.

Dipaparkan lebih lanjut, jumlah ini tersebar di Kabupaten Sintang sebanyak 1.143 rumah dengan jumlah dana sebesar Rp 5,1 miliar. Di kabupaten Sekadau sebanyak 562 rumah dengan jumlah dana sebesar Rp 2,7 miliar. Di kabupaten Melawi sebanyak 20 rumah dengan jumlah dana sebesar Rp 103 juta. Dan di kabupaten Sanggau sebanyak 49 rumah dengan jumlah dana sebesar Rp 228 juta.

"Untuk di kabupaten Sintang, pemasangan terbaru dilaksanakan di desa Kebiau Baru dan desa Empaka Kebiau Raya sebanyak 161 rumah. Disini semua kWh sudah terpasang. Dari jumlah tersebut 120 rumah diantaranya melalui kelompok yang diorganisir tim CUKK, baik pendanaannya melalui pinjaman kelompok maupun yang bayar tunai. Pemasangan ini berkat kerjasama antara Pemerintah Desa setempat, CUKK, anggota kelompok dan pihak PT. Borneo Bujang Beji selaku gerai resmi yang ditunjuk oleh PLN,"katanya.

“Kami berharap program pinjaman secara kelompok ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, khususnya untuk para anggota CUKK. Saat ini saja ada 1.774 rumah yang sudah terpasang. Jika dalam satu rumah rata-rata ada empat jiwa, maka ada sebanyak 7.096 jiwa yang turut menikmati program ini,” tambah Valentinus.

CUKK terus memberikan kesempatan kepada desa atau kampung yang belum terpasang listrik, serta ada kendala dalam hal pembiayaan. CUKK bisa membantu, asalkan syarat terpenuhi. Dan CUKK juga akan mengkomunikasikannya dengan pihak-pihak terkait.

“Silahkan dikomunikasikan dengan Kantor Cabang CUKK terdekat,” pungkas Valentinus.

Penulis: Kris Lucas
Editor: Oktavianus Beny