Sekilas Info

Meski Musim Pandemi Covid-19 Aset Naik 15 Miliar

Valentinus, CEO CU Keling Kumang

SINTANG | SenentangNews.com – Dalam kondisi luar biasa di masa Pandemi Covid-19 ini, bagaimana dengan kondisi lembaga-lembaga kumpulan orang-orang seperti Credit Union (CU). Lembaga yang aktivitas utamanya pemberdayaan masyarakat produktif, tempat menabung dan sebagai penyedia modal mikro. Salah satu CU yang menarik untuk ditelisik karena inovasinya, adalah CU Keling Kumang (CUKK).

Ditengah kondisi luar biasa, ditambah dengan tetap konsisten menjalankan kewajiban moral triple bottom line (TBL), seperti apa kondisinya dalam Triwulan terakhir. Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/9/2020), Chief Executive Officer (CEO) CUKK Valentinus menjelaskan bahwa di bulan Agustus saja aset CUKK mengalami kenaikan Rp 15 Miliar lebih. Di bulan September bisa lebih banyak lagi. CUKK di selalu supervisi oleh Puskopdit Khatulistiwa, dan menggunakan jasa auditor eksternal.

Menurut Valentinus, kondisi luar biasa ini juga tidak sampai harus membatalkan kerjasama program listrik pedesaan. Sebagaimana program Melawi Terang PLT Hibrid. Dengan sumber energi terbarukan yaitu tenaga matahari dan tenaga angin. Meski rencananya untuk 7.000 rumah, sementara akan dimulai dengan 1.800 rumah dahulu di 12 kampung. Semuanya di kabupaten Melawi.

“Program listrik desa untuk di kabupaten Sintang juga berjalan. Saat ini ada kerjasama penyambungan listrik dari jaringan PLN. Yaitu kerjasama CUKK, PLN dan warga desa Empaka Kebiau Raya kecamatan Binjai Hulu. Disaat pandemi yang tidak diketahui kapan akan berakhir ini, secara umum kondisi CUKK masih tetap stabil. Disamping itu, berbagai kegiatan yang dilakukan secara virtual juga membuat adanya penghematan biaya operasional,” kata Valentinus.

Penulis: Kris Lucas
Editor: Oktavianus Beny
Photographer: Kris Lucas