Sekilas Info

Tiga Paslon Bupati Sintang Ikuti Pengundian Nomor Urut, Semua Bicara Tanda-Tanda Jaman

Paslon Yohanes Rumpak-Syarifuddin mendapat nomor urut 3

SINTANG | SenentangNews.com - Hari ini Kamis (24/9/2020), tiga pasangan calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Sintang mengikuti acara pengundian nomor urut Paslon. Gawainya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila ini, adalah salah satu dari tahapan dalam Pilkada Serentak Lanjutan Tahun 2020.

Meski judulnya adalah Rapat Pleno Terbuka, karena terganjal aturan protokol kesehatan maka pelaksanaannya berubah menjadi Rapat Pleno Tertutup. Yang berada di ruangan gedung hanya para komisioner KPU, Kepala Sekretariat KPU serta sejumlah staf. Dari Bawaslu dibatasi hanya dua orang, Ketua dan seorang komisioner lainnya. Kemudian tiga Paslon dan para LO koalisi.

Paslon Askiman-Hatta mendapat nomor urut 2

Tidak ada seorang pun undangan. Sementara itu, awak media hanya diberi waktu tiga menit untuk mengambil gambar. Itu pun hanya pada saat tiga Paslon telah duduk di kursi peserta masing-masing.

Pengundian diawali dengan pengundian nomor antrian, dimana angka terkecil akan mengambil gulungan undian untuk nomor urut Paslon. Antrian pertama Paslon Askiman-Hatta, memperoleh nomor urut 2. Antrian kedua Paslon Yohanes Rumpak-Syarifuddin, memperoleh nomor urut 3. Antrian terakhir Paslon Jarot Winarno-Sudiyanto, memperoleh nomor urut 1.

Karena berubah menjadi Pleno Tertutup, banyak jalannya acara yang tidak diketahui oleh publik. Aparat keamanan pun hanya berada di luar gedung. Dan dokumentasi sesi per sesi acara pun ditangani langsung oleh KPU.

Paslon Jarot Winarno-Sudiyanto mendapat nomor urut 1

Untuk diketahui kembali, dalam Pilkada Kabupaten Sintang Tahun 2020 ini, Paslon Jarot Winarno-Sudiyanto atau Koalisi “Adil Bersatu” diusung oleh Partai Nasdem (7 kursi), Partai Golkar (4 kursi), PKB (4 kursi), PPP (1 kursi), PKPI (1 kursi) dan partai pendukung PKS, Partai Garuda dan PSI. Paslon Askiman-Hatta atau Koalisi “Sehati” diusung oleh Partai Demokrat (4 kursi) dan Partai Hanura (5 kursi). Untuk Paslon Yohanes Rumpak-Syarifuddin atau Koalisi “Sintang Baru” diusung oleh PDI P (6 kursi), PAN (3 kursi), Partai Gerindra (4 kursi, Partai Perindo (1 kursi) dan dukungan dari Partai Gelora.

Reaksi Paslon Terhadap Nomor Urut Masing-Masing

Ada yang menarik dari reaksi para Paslon saat mengomentari nomor urutnya masing-masing dihadapan wartawan. Menurut Jarot Winarno-Sudiyanto, itu menandakan bahwa Jarot Winarno satu akan memimpin Sintang periode lagi dan Sintang harus bersatu.

Sementara menurut Askiman-Hatta, bahwa itu merupakan tanda-tanda alam, bahwa Askiman akan menjadi dua periode. Periode pertamanya adalah saat dirinya menjadi Wakil Bupati Sintang Periode 2015-2020.

Dilain pihak, menurut Yohanes-Rumpak-Syarifuddin juga sebagai tanda-tanda alam. Angka tiga adalah angka keramat dan bersejarah bagi PDIP. Tiga jari terdiri dari jempol, telunjuk dan kelingking yang diacungkan adalah simbol dari Metal atau menang total. Tema acara ini adalah Sintang Sehat, Pilkada Berdaulat. Kata berdaulat adalah salah satu semboyan Mandau Berkilat Paslon Yohanes Rumpak-Syarifuddin.

Penulis: Kris Lucas