Sekilas Info

Bupati Rupinus Apresiasi Berdirinya Institut Teknologi Keling Kumang

Bupati Sekadau, Rupinus

SEKADAU | SenentangNews.com – "Hadirnya Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) di Sekadau (SK Mendikbud No. 720/M/2020), tentu akan disambut gembira oleh warga kabupaten Sekadau dan kabupaten sekitarnya.” Begitu, Bupati Sekadau Rupinus mengawali pembicaraan dengan media ini, hari Sabtu (19/9/2020) di Sekadau kemarin.

Kehadiran ITKK juga menjadi nilai tambah luar biasa bagi kabupaten Sekadau. Kelak akan banyak calon mahasiswa dari sejumlah kabupaten yang datang di Sekadau. Dengan begitu, Sekadau akan menjadi salah satu tempat tujuan orang untuk menimba ilmu. Keberadaan ITKK juga sejalan dengan Visi dan Misi Rupinus – Aloysius, khususnya dalam hal meningkatkan sumber daya manusia SDM) unggul.

Institut ini didirikan oleh sebuah Yayasan Pendidikan yang berpusat di Sekadau. Digagas, diinisiasi dan diperjuangkan oleh putera/puteri asli Sekadau. Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK) telah terbukti sukses mendirikan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang saati ini telah memiliki tuju program studi (Prodi).

Ditambahkan Rupinus, bahwa selama empat tahun YPKK memperjuangkan berdirinya Institut ini. Untuk mendirikan sebuah Institut itu sangat sulit. Persyaratannya banyak dan sangat berat. Namun jika Mendikbud sudah menerbitkan Surat Keputusan, berarti semua persyaratan telah terpenuhi dan ITKK sudah dianggap layak untuk beroperasi..

“Saya mengetahui persis perjuangan berat ini. Karena saya turut memonitor sejak empat tahun yang lalu. Kemudian dalam berbagai kesempatan pun pihak yayasan selalu melaporkan progres-progres yang dicapainya. Karenanya, saya merasa wajib untuk mengapresiasi berdirinya ITKK ini. Dan apa pun program dan kegiatan yang akan memajukan masyarakat Sekadau harus didukung,” pungkas Bupati Sekadau ini.

Penulis: Kris Lucas