Sekilas Info

Yohanes Rumpak-Syarifuddin

Bantu Siswa Seminari Yang Terpapar Covid-19

Yohanes Rumpak saat menyerahkan salah satu jenis bantuan kepada Pembina Seminari Menengah Yohanes Maria Vianney, RD Imanuel Yosep. F

SINTANG | SenentangNews.com – Munculnya cluster baru Covid-19, yaitu cluster Seminari Menengah Yohanes Maria Vianney di Teluk menyurai, cukup membuat warga Sintang prihatin. Karena keprihatinan ini lah, Yohanes Rumpak-Syarifuddin telah tergerak hatinya untuk turut meringankan beban Seminari Menengah ini. Rasa prihatin ini ditunjukan dengan diserahklannya bantuan Sembako, vitamin serta beberapa jenis kebutuhan sehari-hari.

Bantuan tersebut diserahkan oleh pasangan Bakal Calon Bupati Sintang ini kepada Pembina Seminari pada hari Jumat (18/9/2020) siang, di lapangan terbuka antara gedung Aula Bina Remaja dan bangunan Kapel Seminari. Kegiatan kemanusiaan ini, disaksikan juga oleh sejumlah pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sintang.

Tidak seperti biasanya, saat itu Yohanes Rumpak juga didampingi sang isteri, Eva Aprinandes. Dan semua yang turut serta dalam rombongan Yohanes, terlihat menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang dilapisi lagi dengan face shield.

Menurut Yohanes kepada media ini, dirinya dan Syarifuddin mencoba untuk sedikit meringankan beban serta untuk memperkuat mental para siswa. Jika mentalnya kuat, maka fisik para siswa yang terpapar bisa cepat pulih kembali. Bantuan ala kadarnya ini seperti susu murni, vitamin, protein berupa telur serta beberapa jenis kebutuhan pokok lainnya. “Semoga setidaknya dapat meringankan beban mereka,” ucap Yohanes Rumpak.

Bahan-bahan bantuan yang akan diserahkan.

Melengkapi keterangan Yohanes, ditempat yang sama Syarifuddin berharap semoga dengan adanya kegiatan ini akan turut menguatkan batin para siswa yang saat ini tengah diisolasi. Suport kepedulian ini semoga dapat menambah spirit mereka.

“Kegiatan ini menunjukan bahwa mereka tidak sendirian, dan agar tidak merasa dikucilkan,” ucap Syarifuddin.

Disaat yang sama, Pembina Seminari Menengah Yohanes Maria Vianney, RD. Imanuel Yosep. F menginformasikan, bahwa penghuni Seminari Menengah ini yang dinyatakan positif Covid-19 seluruhnya ada 36 orang, dan sejak diketahui sudah langsung ditangani petugas kesehatan dan diisolasi. Mereka dirawat intensif di rumah sakit. Dan kondisinya saat ini, secara fisik terlihat baik-baik saja.

Menurut Romo Diosesan ini, terhadap penghuni lainnya juga sudah dilakukan tes Swab, hasilnya negatif. Dan sementara itu untuk sekedar berjaga-jaga, rumah susun (Rusun) Seminari sudah dikosongkan. Dari penghuni.

“Sebetulnya saat para siswa datang kesini sudah di tes Swab, dan hasilnya semua negatif. Kami tidak bisa menduga-duga, mereka itu tertular dari siapa. Namun memang selama ini ada juga beberapa pengunjung yang datang,” kata Romo Imanuel Yosep.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas