Sekilas Info

KONI dan IMI Sintang Bikin Gebrakan, Bangun Sirkuit Megah

Peletakan Batu Pertama Sirkuit Baning Kota Sintang, Selasa (15/9/2020)

SINTANG I SenentangNews.com- Tidak lama lagi, Kabupaten Sintang akan memiliki sirkuit road race dan pembangunan fitness center milik KONI Kabupaten Sintang. Sirkuit dan fitnes center yang akan dibangun dengan megah tersebut berada di Komplek Stadion Baning Kota Sintang.

Pada Selasa, (15/9/202) Bupati Sintang, Jarot Winarno berkesempatan meresmikan papan iklan (billboard), sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan sirkuit road race dan pembangunan fitness center disaksikan Ketua KONI Kalbar, Fachrudin Siregar, Ketua KONI Sintang, Choiman Wahab, Ketua IMI Korwil Sintang, Boy Rahadian.

Ketua KONI Sintang CHomain Wahab mengatakan dibangunnya papan iklan (billboard) milik KONI Sintang bertujuan untuk sarana promosi dan publikasi bagi seluruh cabang olahraga di Sintang.

"Nantinya billboard ini bisa dipakai secara gratis oleh seluruh Pengurus Cabang Olahraga, baik Ormas, Organisasi Keagamaan, Instansi Pemerintahan, Instansi Vertikal, itu silahkan pakai gratis kecuali swasta harus berbayar karena untuk retribusi pendapatan daerah"katanya.

Terkait dengan pembangunan sirkuit road race di Sintang, Chomain mengucapkan terimakasih kepada bupati Sintang yang telah berkontribusi memajukan dunia olahraga dikabupaten Sintang.

"Mudah-mudahan dengan sirkuit road Race baning yang akan kita bangun kembali ini akan menghasilkan atlet balap motor yang handal untuk ditingkat daerah dan nasional, dan juga sirkuit road race ini sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan hobby balap anak muda di Sintang,"beber Chomain.

Ketua KONI Provinsi Kalimantan Barat, Fachrudin D. Siregar memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah memperhatikan kondisi olahraga di Sintang.

"Saya yakin Sintang pasti akan lebih baik prestasinya dibidang olahraga kalau semua komponen saling bekerjasama dengan baik. Tentunya juga supaya tidak ada lagi balap liar di jalan,"tuturnya.

Ditempat yang sama Ketua IMI Korwil Sintang, Boy Rahadian berharap Sirkuit yang akan dibangun nantinya bisa menjadi kebanggan orang Sintang dalam memajukan dunia olahraga di Bumi Senentang ini.

"Sudah saatnya Sintang yang sangat serius menangani olahraga, memiliki fasilitas yang dapat menunjang perkembangan prestasi atletnya dengan bermodalkan iptek olahraga. Sehingga ke depan, atlet-atlet Sintang berprestasi secara nasional maupun internasional,” katanya.

Mantan pembalap ini juga mengucapkan terimakasih kepada bupati Sintang yang telah banyak mendukung prosesi peletakan batu pertama Sirkuit di komplek Baning kota Sintang.

"Atas nama Korwil IMI Sintang mengucapkan terimakasih kepada pak Jarot yang telah berkomitmen dalam memajukan dunia olahraga di Sintang ini. Semoga sirkuit megah nantinya segera terwujud,"ucapnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa pembangunan tidak hanya membangun infrastruktur saja melainkan daerah ini juga membangun jiwanya, membangun badannya. Karena dinamika kabupaten/kota yang baru berkembang membutuhkan pembangunan jiwa, baik itu sarana ibadah, ruang terbuka hijau, taman-taman, gedung kesenian budaya.

"Medium yang paling pas untuk membangun jiwa dan raga ialah olahraga, sehingga olahraga harus mendapatkan tempat yang penting dalam pembangunan di Kabupaten Sintang," kata Jarot.

Menurut Jarot, kawasan Stadion Baning merupakan kompleks olahraga yang lebih canggih dari Pontianak sebab sarana olahraga di Sintang lebih canggih dari Pontianak.

di Sintang ini ada Padepokan untuk pencak silat, ada Indoor yang luas dan bagus, kemudian juga kita ada Gedung Kesenian, UMKM juga biasa menyelenggarakan pameran setiap tahunnya, sehingga zonasi ini penting bagi kita.

"Mudah-mudahan dengan ditandai zonasi ini di Sintang maka kompleks olahraga ini milik semua masyarakat, baik itu orang tua, anak muda, olahragawan, pekerja seni, pelaku UMKM, sehingga kedepannya Sintang siap untuk jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya,"tukasnya.

Penulis: Oktavianus Beny