Sekilas Info

Satu Keluarga Satu Sarjana

Institut Teknologi Keling Kumang Segera Operasional

Pendiri Keling Kumang Munaldus, Ketua YPKK Redemtus Musa, Ketua Pengawas YPKK Dominikus dan Ketua Dewan Pengurus KKG Mikael

SEKADAU | SenentangNews.com – Lahirnya Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK) pada tahun 2007, dilatar belakangi oleh keprihatinan atas kualitas sumber daya manusia (SDM) para anak anggota Keling Kumang. Setelah di tahun 2015 YPKK sukses mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), di tahun 2016 berniat mendirikan Perguruan Tinggi. Seminar dan Lokakarya (Semiloka) pun digelar pada bulan Juni 2016.

Menurut pendiri Keling Kumang dan penggagas YPKK, Drs. Munaldus, MA, gagasan Perguruan Tinggi ini untuk mewujudkan cita-cita YPKK, yaitu satu keluarga satu sarjana. Saat itu anggota Keling Kumang sudah diatas 100 ribu orang. Mulai lah YPKK runtang-runtung ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XI di Banjarmasin dan ke Jakarta.

Regulasi dan berbagai persyaratan yang ketat harus ditempuh. Berkali-kali YPKK harus mengganti dokumen persyaratan yang diisyaratkan oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi melalui LLDikti Wilayah XI.

Setelah perjalanan panjang selama empat tahun, akhirnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan Surat Keputusan (SK) No. 720/M/2020 tentang Izin Pendirian Institut Teknologi Keling Kumang di Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat Yang Diselenggarakan Oleh Yayasan Pendidikan Keling Kumang. SK tersebut tertanggal 5 Agustus 2020.

“Di hari-hari terakhir, saat itu jika kita tidak bisa memenuhi semua persyaratan, maka dalam tiga atau empat pekan lagi akan ada regulasi baru. Dan jika terlambat maka semuanya harus dimulai dari angka nol lagi,” kata Munaldus.

Saat ditemui, Sabtu (12/9/2020), Munaldus tengah hadir dalam acara Evaluasi Tengah Tahun YPKK dan Review & Presentasi ITKK di aula kantor YPKK Jalan Keling Kumang, Sekadau.

Beratnya perjuangan ini, juga dikisahkan secara rinci oleh Ketua YPKK Redemtus Musa, S.Pd.Mat,M.Pd. Menurutnya, disaat pertama saja dari 15 Dosen yang diajukan ada empat orang Dosen yang dinyatakan tidak memenuhi syarat terkait linier nya ijazah S2 nya. Maka empat Dosen tersebut segera dicari penggantinya. Diakhir perjuangan, saat seharusnya dilakukan Visitasi lapangan tiba-tiba pada bulan Maret 2020 Pandemi Covid-19 pun datang.

“Sehingga Visitasi harus dilaksanakan secara virtual dengan aplikasi Zoom. Karena Visitasi ini tentang tiga hal pokok, Visitasi virtual ini harus dilakukan tiga ruangan sekaligus. Visitasi virtual dilaksanakan pada tangal 23 Juni 2020. Satu orang saja yang nama-namanya tercantum dalam persyaratan tidak hadir, visitasi akan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” terang Musa.

Suasana acara Evaluasi tengah Tahun YPKK dan Review & Presentasi ITKK

ITKK akan diresmikan pada bulan Juli 2021. Operasionalnya akan dimulai sesuai dimulainya tahun akademik 2021. Di ITKK ada tiga Prodi S1, yaitu Agro Teknologi, Kewirausahaan, dan Rekayasa Komputer. Tentang fasilitas belajar-mengajar, ada enam ruang belajar, tiga ruang dosen sesuai jumlah Prodi, ada ruang Kepala Prodi, ruang Rektor dan ruang pertemuan.

“Kampus ITKK berada di Jalan Merdeka Selatan Sekadau,” pungkas Musa.

Penulis: Kris Lucas