Sekilas Info

Jalan Masuk Bandara Tebelian

Bukan Tanggungjawab Pemkab Sintang Lagi

Kepala UPBU Tebelian Patah Atabri didampingi Kepala Aviation Security, Elias

SINTANG | SenentangNews.com– Ruas jalan masuk/keluar Bandar Udara (Bandara) Tebelian sudah menjadi tanggungjawab pihak Bandara seluruhnya. Maka untuk pembiayaan pembangunan, pemeliharaan dan pengembangan jalan tersebut bukan lagi menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang.

Menurut Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Tebelian, Patah Atabri, Kamis (27/8/2020), sejak oleh Pemkab Sintang pada bulan Juli 2020 diserahkan kepada pihak Kementerian Perhubungan, maka apapun obyek yang terletak diatas lahan seluas 9,5 Hektar ini sudah menjadi tanggungjawab Kementerian Perhubungan. Saat ditemui, Patah Atabri didampingi oleh Kepala Aviation Security, Elias.

“Untuk bangunan jalan, sebetulnya sudah disiapkan untuk dua jalur masing-masing sepanjang 1,3 Km. Namun sekarang baru ada satu jalur yang fungsional, yaitu yang dibangun oleh Pemkab Sintang sebelum lahan ini diserahkan. Kedepan, pengembangannya akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Menjawab tentang pengelolaan parkir di area Bandara, menurut Patah Atabri untuk pengelolaan parkir di area Bandara semuanya dikelola oleh koperasi Bandara. Jadi bukan tanggungjawab Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang.

“Dengan datangnya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia ini, suasana Bandara Kelas II ini menjadi agak sepi. Karena saat ini hanya ada dua perusahaan maskapai penerbangan yang terbang secara bergantian. Namun demikian, personil UPBU Tebelian seluruhnya tetap aktif setiap hari,” pungkas Patah Atabri.

Penulis: Kris Lucas
Editor: Oktavianus Beny