Sekilas Info

Gegara Ini, Pejabat Pemda Sekadau Dilaporkan ke Bawaslu

Al Aminuddin Kordinator Devisi Hukum, Pelangaran Sengketa

SEKADAU | SenentangNews.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sekadau menerima laporan mengenai adanya dugaan penyalahaan gunaan oleh dua orang pejabat pemda di lingkungan Pemda Sekadau

laporan tersebut di sampaikan oleh salah seorang warga terkait pelaksanaan kegiatan Open Defecation Free (ODF) di desa Mentuka kecamatan Nanga Taman tanggal (18/8/2020) lalu.

Kegiatan yang mengunakan dana APBdes ini di sinyalir telah disalah gunakan dengan cara mengajak dan menperkenal salah satu bakal calon Pilkada 2020 kepada warga yang hadir.

"Laporan sudah kami terima pada Kamis (20/8/2020) dengan terlapor," kata Al Aminudin kordinator Devisi hukum dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu kabupaten Sekadau kepada awak media , Jum'at (21/8/2020) di Sekadau.

Pihaknya lanjut Al sudah melakukan rapat dengan Gakumdu, sepertinya dalam kasus ini kriminal tidak masuk, namun kita gunakan UU ASN.

"Laporan sudah teregister dengan Nomor 01/LP/PB/Kab/20.14/VIII/2020,"kata Al.

Langkah selanjutnya kata Al, tim Gakumdu akan memeriksa para saksi dan terlapor, sebab apapun laporan yang masuk tetap di tanggapi, sedangkan untuk laporan ini, kita akan gunakan regulasi yang berkait dengan tugas dan wewenang kepala daerah dan ASN, termasuk UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilgub, Pilbup dan Pilwako.

"Tadi Sudah dibahas oleh Sentra Penegakan Hukum Bawaslu Kabupaten Sekadau selanjutnya kita masih menunggu hasilnya," ucapnya.

Kontributor Daerah: Sutarjo