Sekilas Info

Dibangun dengan Sistem Bore Pile

Pembangunan Masjid Rasulullah Dimulai

Bupati Jarot Menandatangani Tanda Dimulainya Pembangunan Masjid Rasulullah di Kawasan Rawa Mambok

SINTANG I SenentangNews.com- Warga yang berada di kawasan tugu jam dalam, Kelurahan Rawa Mambok, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang patut berbangga. Pasalnya mereka akan mempunyai Masjid dengan ukuran dengan panjang 13 meter dan luas 14 meter.

Bupati Sintang Jarot Winarno pun menyempatkan diri meletakan batu pertama masjid Rasulullah yang pondasinya menggunakan sistem bore pile pada, Rabu (29/7/2020).

Pimpinan Majelis Rasulullah, Ustadz Raden Sony Hermansyah mengatakan pembangunan masjid ini akan berdiri dengan ukuran dengan panjang 13 meter dan luas 14 meter. Pola pembangunan Masjid ini pun menggunakan sistem bore pile artinya beton bertulang.

"Pondasi bore pile menelan biaya pembangunan lumayan besar, untuk 1 tapak memiliki 4 lubang, sementara kita membutuhkan 36 tapak dengan total 144 lubang, 1 tapak itu menelan biaya 10 juta rupiah, berarti 36 tapak sekitar 360 juta rupiah untuk pembangunan pondasinya, jika ditotalkan dengan seluruh sampai pembangunan masjid ini rampung, membutuhkan dana sekitar 1 Milyar Rupiah,"jelasnya.

Sony berharap didirikannya Masjid Majelis Rasulullah ini nantinya bisa menjadi salah satu tempat ibadah, dan tempat berdzikir, bersholawat, dan juga dapat digunakan sebagai ikon sentral dalam keberagaman, serta meningkatkan pembangunan secara religius di Kabupaten Sintang.

"Kami pun berharap ikhtiar kami yang sudah lama ditunggu warga di kelurahan Mambok ini bisa segera terwujud,"harapnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Sintang, H. Senen Maryono mendukung pembangunan Masjid Majelis Rasulullah yang akan dibangun dengan dana yang lumayan besar.

"DMI Kabupaten Sintang mendukung adanya pembangunan Masjid ini, karena selain tempat ibadah, masjid ini juga untuk pengembangan umat, untuk meningkatkan ukhuwah islamiyahnya, membangun Kabupaten Sintang yang semakin religius,"ucapnya.

Bupati Sintang Jarot Wonarno mengapresiasi semangat dan kekompakan warga Rawa Mambok dalam membangun masjid. Apalagi Masjid Rasulullah berada di kawasan jalan poros utama yang masuk dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Sintang kawasan Industri Sungai Ringin.

"Sehingga jalan ini nantinya akan terus dibangun hingga bagus dan dibeton dan akan menjadi tempat yang strategis, dengan demikian masjid ini akan banyak jamaahnya"kata Jarot.

Jarot berharap dengan pembangunan fasilitas rumah ibadah tersebut, kerukunan warga semakin terjaga. "Saya percaya, kalau kita sediakan tempat ibadah maka Allah akan membuka pintu rezeki kita.Insya Allah pemerintah juga mendukung,"harapnya.

"Saya lihat halamannya masih sangat luas sekali, saya harap bisa dikembangkan untuk pembangunan lain, seperti pembangunan gedung Taman Pendidikan Quran, area parkir, gedung pertemuan, bahkan bisa menjadi perluasan masjid untuk kedepannya,"tutup Jarot. (*)

Penulis: Oktavianus Beny