Sekilas Info

Empat Hari Operasi Patuh Kapuas, 80 Kendaraan Ditilang

Kasat Lantas Polres Sintang AKP Aulia Hadiputra Memberikan Teguran Kepada Salah Satu Pengendara

SINTANG I SenentangNews.com- Sedikitnya ada sekitar 80 kendaraan roda dua yang terjaring operasi Operasi Patuh Kapuas 2020 sejak digelar 23 Juli lalu. Selama empat hari berturut-turut kendaraan milik warga Sintang terpaksa ditilang oleh jajaran Satlantas Polres Sintang karena tidak memiliki SIM dan kelengkapan lainnya. Sebagian lainnya mendapat teguran karna tidak gunakan helm, knalpot racing serta muatan berlebih.

"Operasi ini memang serentak dilakukan seluruh Indonesia guna menimalisir dan menekan angka kecelakaan, serta untuk mendisiplin warga masyarakat agar selalu mematuhi semua aturan lalulintas,"kata Kasat Lantas Polres Sintang AKP Hadiputra, SH, SIK.

Menurutnya Selama operasi berlangsung anggota dilapangan sudah memeriksa lebih dari 250 kendaraan bermotor setiap harinya.

“Pada operasi Patuh Kapuas kali ini, kita memang mengedepankan 8 sasaran prioritas pelanggaran yaitu tdk gunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia), bonceng 3, melawan arus, menggunakan kenalpot blong/racing, tidak mengenakan sabuk pengaman saat menyetir, membawa muatan berlebih serta over dimensi,” ungkap AKP Aulia.

Dalam tahun ini operasi Patuh Kapuas ini kata Kasat pihaknya menargetkan jumlah tilang hanya 20 persen artinya lebih banyak memberikan teguran secara khusus untuk kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan mengingat saat ini sedang dalam situasi pandemi covid-19.

Dalam operasi ini juga dilakukan himbauan protokol kesehatan seperti gunakan masker saat berkendara di luar rumah, jaga jarak saat berhenti di lampu merah dan mencuci tangan setibanya di rumah usai bepergian. Selama 5 hari terakhir beberapa titik yang menjadi tempat pemeriksaan, seputaran Jalan Lintas Melawi, jalan MT Haryono dan Simpang Tugu Bambu Runcing.

“Kami harapkan kepada warga Sintang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat berkendara, siapkan surat-surat kendaraan saat berpergian, gunakan atribut berkendara dengan baik dan benar serta patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada, agar perjalanan dapat lancar dan aman bagi diri sendiri dan juga orang lain,” tukasnya. (*)

Penulis: Oktavianus Beny