Sekilas Info

Operasi Kapuas 2020 Digelar, Kapolres Sekadau Tekankan Protokol Kesehatan

SEKADAU | SenentangNews.com- Jajaran Polres Sekadau mengggelar Apel gelar pasukan Operasi Patuh Kapuas 2020.

Apel tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Sekadau yang diikuti personel gabungan TNI Polri dan Dishub, Kamis (23/7/2020).

Operasi Patuh digelar serentak di seluruh jajaran Polri selama 14 hari dari tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020. Dalam operasi ini, Polres Sekadau melibatkan 40 personel mengedepankan fungsi lalulintas.

Apel gelar pasukan dihadiri unsur Forkopimda kabupaten Sekadau dan dinas terkait serta PJU Polres Sekadau.

Dalam apel tersebut, Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala menyampaikan amanat Kapolda Kalbar.

Dalam amanat tersebut Kapolda meminta agar operasi Patuh Kapuas digelar di masa Pandemi Covid-19, sebagai konsekuensi kita harus tetap mempedomani protokol kesehatan serta dilengkapi dengan alat pelindung diri.

Dilaksanakan secara tematik berdasarkan prioritas pelanggaran yang sering terjadi. Kemudian berkurangnya jumlah pelanggaran dan laka lantas.

Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas, penggunaan masker dan sosial distancing. Serta terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara Kamseltibcar Lantas. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

"Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas," jelas Kapolres.

Kapolres juga mengatakan operasi ini dilakukan dengan pendekatan yang lebih humanis. Tentunya tanpa melonggarkan aturan lalu lintas yang sudah berlaku di kawasan ini.

"Kami berharap masyarakat tetap patuh terhadap keselamatan selama mengedara serta tingkatkan kedisiplinan masyarakat di era new normal ini,"tukasnya. (*)

Kontributor Daerah: Sutarjo