Sekilas Info

Berkas Pasangan Calon Independen Abdul Hamid dan Yovinus Belum Lengkap

SEKADAU | SenentangNews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar Rapat pleno terbuka Rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan di Hotel, Multi Senin (20/07/2020).

Diketahui, hanya ada satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Sekadau untuk Pilkada Serentak yang akan dihelat 9 Desember 2020 mendatang dari jalur independen yakni, pasangan Abdul Hamid dan Yovinus.

Ketua KPU Kabupaten Sekadau Drianus Saban mengungkapkan KPU Sekadau menggelar rapat pleno rekapitulasi dukungan suara dari jalur perseorangan.

Menurut Saban dari hasil rapat pleno pasangan Abdul Hamid dan Yovinus mengalami kekurangan dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak kurang lebih 8 ribu. Untuk proses perbaikan paling lambat tanggal 27 Juli mendatang dengan menyerahkan berkas 2 kali lipat dari jumlah kekurangan.

"Hari ini rapat pleno untuk tingkat perseorangan, sesuai aturan, bagi bakal calon perseorangan, mereka harus menyiapkan kekurangan sekitar 8 ribu KTP dan peryataan dukungan di kali dua,"katanya.

Menurut Saban,setelah di serahkan kekurangan dukungan sesuai aturan, KPU akan melakukan verifikasi faktual kelapangan, setelah itu baru di plenokan kembali.

"Nanti setelah perbaikan maka kita akan plenokan lagi apakah memenuhi syarat atau tidak,"jelas Saban.

Ditempat yang sama Perwakilan KPU Provinsi Kalimantan Barat membenarkan kekurangan dukungan dari jalur perorangan di Kabupaten Sekadau. Ia mengungkapkan terhadap kekurangan dukungan tetap dengan menyerahkan berkas 2 kali lipat dari jumlah kekurangan.

"Artinya kalau kurangnya 8 ribu seperti kekurangan dukungan terhadap Abdul Hamid dan Yovinus maka, syarat dukungan tersebut harus di kali dua,"katanya.

Perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) mengatakan agar selama masa perbaikan hendaknya di lakukan dengan baik,
dan akan melakukan pengawasan terhadap semua proses perbaikan.

"Sebagai lembaga pengawasan, kita tetap akan mengawasi semua proses perbaikan dukungan salah satu bakal calon dari jalur independen,"katanya.

Sementara Abdurrahman, Liason Officer (L.O) dari pasangan Abdul Hamid dan Yovinus mengaku optimis mampu memenuhi kekurangan tersebut dengan batas waktu yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

"Mulai hari ini tim kita dilapangan akan melengkapi syarat dukungan yang sudah ditetapkan. Kita juga akan menyerahkan secepatnya ke KPU Sekadau,"tukasnya. (*)

Kontributor Daerah: Sutarjo
Editor: Oktavianus Beny