Sekilas Info

Tahun Ajaran Baru, Jefray Minta Proses Belajar Dirumah Ditinjau Ulang

Jefray Raja Tugam

SEKADAU | SenentangNews.com- Tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai 13 Juli 2020. Seluruh sekolah jenjang SD hingga SMA/sederajat di Kabupaten Sekadau bakal tetap menerapkan pembelajaran dari rumah.

Hal tersebut berdasarkan intruksi Gubernur yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 421/1587/DIKBUD-A tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Satuan Pendidikan PAUD, TK, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, SLB, dan Satuan Pendidikan lainnya Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tertanggal 9 Juli 2020.

Keputusan yang mengharuskan siswa belajar dirumah hingga Desember 2020 mendatang mendapat kritikan dari salah satu anggota DPRD Sekadau Jefray Raja Tugam. Jefray meminta agar kegiatan belajar secara online harus di tinjau ulang. Pasalnya apabila kegiatan belajar tersebut masih tetap dilakukan secara online, maka akan menambah beban bagi orang tua murid.

"Mereka harus menyiapkan Hand phone Anroid, paket internet setiap bulanya agar bisa mengakses proses belajar secara online itu tadi,"katanya kepada media ini beberapa hari lalu di kantornya.

Selain belajar online, bahkan saat proses belajar tatap muka, terkadang anak-anak dipaksa untuk membuka pelajaran melalui internet.

"Anak-anak, seolah-olah dipaksa untuk belajar melalui internet. Bagaimana kalau anak-anak dikampungnya tidak bisa mengakses jaringan internet. Artinya, mereka tidak bisa belajar maksimal, lalu bagaimana solusinya.

Ini yang harus di pikirkan oleh dinas pendidikan, sebelum menentukan, formulasi apa yang cocok untuk di terapkan nanti.

"Kalau harus belajar secara online, biaya bagi siswa-siswi pasti bertambah, belum lagi rasa jenuh ketika mereka harus tetap di rumah,"kata Jefray.

Lain halnya kalau kegiatan belajar dengan cara lama yakni tatap muka, mereka bisa bertemu teman-teman, bermain bersama, itulah sisi positipnya.

"Carilah formulasi yang tepat dan baik, agar anak-anak bisa mengikuti pelajaran dengan baik," saran Jefray.

Kontributor Daerah: Sutarjo