Sekilas Info

Banyak Perusahaan Pro Aktif Ikuti Protokol Gugus Tugas

Wakil perusahaan rekanan Pertamina, Budi Subarkah saat melaporkan kehadiran 13 orang tenaga ahlinya

SINTANG | SenentangNews.com – Menurut data di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sintang, ternyata banyak juga perusahaan di Sintang ini yang pro-aktif dan tunduk terhadap aturan dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. Khususnya, saat perusahaan tersebut mendatangkan tenaga ahli dari luar pulau.

Menurut Kadisnakertrans, Hatta, banyak perusahaan yang jika mendatangkan tenaga ahli tertentu melaporkannya ke Disnakertrans. Setelah didata seperlunya, kemudian perusahaan tersebut diberikan surat pengantar oleh Disnakertrans untuk melapor ke Dinas Kesehatan.

Ada juga perusahaan yang lengsung melapor ke Dinas Kesehatan. Namun oleh Dinas Kesehatan dianjurkan untuk terlebih dahulu melapor ke Disnakertrans. Para tenaga ahli yang dilaporkan tersebut, semuanya telah berbekal surat sehat dari tempat embarkasi masing-masing. Meskipun sudah berbekal surat sehat, adalah kewenangan pihak Dinas Kesehatan untuk menindak lanjuti.

“Yang datang melapor bukan hanya dari perusahaan perkebunan sawit. Ada juga perusahaan rekanan Pertamina yang tengah membangun workshop di Sungai Ringin. Perusahaan ini, telah melaporkan kehadiran 13 orang tenaga ahlinya yang didatangkan dari Surabaya,” terang Hatta, hari Senin (15/6/2020) di ruang kerjanya.

Hata juga menjelaskan, bahwa tenaga kerja yang didatangkan pihak perusahaan dari luar Kalimantan bukan pekerja biasa. Semuanya adalah para tenaga ahli. Dan ini semua termonitor dengan baik oleh Disnakertrans.

Ditempat yang sama wakil dari perusahaan rekanan Pertamina, Budi Subarkah membenarkan. Bahwa karena perusahaannya adalah spesialis rekondisi tabung Gas Elpiji, maka tenaga yang didatangkan adalah tenaga ahli untuk memasang instalasi berbagai peralatan untuk pekerjaan itu.

“Kami sudah mendapat surat pengantar untuk melapor ke Dinas Kesehatan. Dan kami akan patuh terhadap apa yang akan dilakukan oleh Gugus Tugas. Misalnya akan Tim Gugus Tugas akan melakukan test kesehatan kembali terhadap 13 orang personil kami tersebut,” ucapnya.**

Penulis: Kris Lucas
Kontributor Daerah: Admin
error: Content is protected !!