Sekilas Info

Kejari Sekadau: Kami Siap Kawal Dana Desa

Kejari Sekadau Comunda Trisno

SEKADAU | SenentangNews.com- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sekadau terus berupaya melakukan pencegahan terhadap permasalahan hukum khususnya terhadap pengelolaan anggaran negara. Tak terkecuali dana Desa yang dikelola oleh pemerintahan desa.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sekadau Comundo Trisno menegaskan, selama dirinya bertugas di kabupaten Sekadau ia akan lebih fokus untuk mengawasi pengunaan dana desa. Sebab, jika dana desa di peruntukan dengan benar, maka kesejahteraan masyarakat pasti cepat terwujud.

"Kami berharap permasalahan hukum terkait pengelolaan dana desa dapat dicegah sedini mungkin. Untuk itu para kepala desa diminta agar selalu transparan dalam setiap pengelolaan anggaran,"kata Trisno.

Menurut Trisno pihaknya akan terus memberikan sosialisasi terhadap peruntukan anggaran dana desa yang akan dikelola setiap desa supaya ke depan tidak ada penyimpangan.

"Dalam Juklak dan Jukni pengunaan dana desa sudah sangat jelas, kalau masih ada yang melanggar, walaupun sudah kita berikan sosialisasi, itu artinya sudah ada upaya melanggar hukum secara sengaja,"bebernya.

Mantan Kajari Selayar ini menegaskan, keterbukaan dan transparan dalam penggunaan anggaran dana desa maupun alokasi dana desa harus dilakukan.

“Kepala desa berserta jajarannya harus memberikan informasi yang terbuka kepada warganya. Sehingga masyarakat tidak ada yang saling curiga terhadap penggunaan keuangan desa yang digunakan,”bebernya

"Jadi, jangan ada image bahwa dana desa untuk kepala desa, tapi, untuk kesejahteraan masyarakat,"ujarnya lagi.

Kejaksaan tambah Trisno akan tetap melakukan berkordinasi dengan kepala daerah mengenai hal ini, supay tidak terjadi mis komunikasi.

"Kalau kita lihat selama ini, keberadaan dana desa harusnya sudah bisa sedikit mendongkrak tarap hidup masyarakat, karna sistim pengerjaan dana desa walaupun itu fisik harus dengan cara swakelola, bukan sebaliknya, kepala desa malah jadi kontraktor,"tutup Trisno. (Tjo)