Sekilas Info

Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Sintang Dinyatakan Sembuh

Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harysinto Linoh menggelar pres rilis Satu Pasien Covid-19 Sembuh

SINTANG | SenentangNews.com - Kabar menggembirakan datang dari Kabupaten Sintang. Satu warga Sintang dari Desa Rarai Kecamatan Sungai Tebelian atas nama Dwi Uci Aprianseno (23) yang dikonfirmasi positif Covid-19 dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Rujukan Ade M Djoen Sintang kini dipastikan telah sembuh.

Pasien positif Covid-19 tersebut merupakan klaster Magetan yang telah menjalani karantina di gedung Diklat Komplek Gedung Sebaguna selama 28 hari sebelumnya dikonfirmasi positif berdasarkan hasil uji swab.

"Alhamdullilah, satu warga kita yang merupakan warga Desa Rarai, Kecamatan Sungai Tebelian yang semula bestatus positif Covid-19 dan dirawat di RS Ade M Djoen Sintangkini dinyatakan sembuh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harysinto Linoh saat menggelar pres rilis di posko Covid -19 Dinas Kesehatan, Senin (8/6/2020).

Sinto berpesan agar masyarakat tidak mengucilkan maupun menghindari pasien yang sembuh. Serta menginginkan agar para pasien yang sembuh tersebut dapat menyosialisasikan tata cara hidup sehat guna terhindar dari Covid-19.

“Pasien yang sembuh harus bisa memberikan sosialisasi kepada keluarga, kerabat maupun orang banyak. Baik itu seacara langsung maupun melalui media sosial. Ceritakan apa saja keluh kesah saat dirawat. Berikan warga pengertian agar menjaga pola hidup sehat sehingga bisa terhindar dari virus berbahaya ini,” tutur Sinto.

Sinto juga mengucapkan terimakasih kepada bupati Sintang yang telah memberikan support kepada pasien-pasien Covid-19. "Pak bupati luar biasa dimana beliau sering berkunjung ini salah satu faktor pendorong pasien supaya cepat sembuh,"ujar Sinto.

Sinto juga meminta kepada masyarakat untuk terus memberikan dukungan dan tidak memberikan stigma negatif kepada pasien COVID-19 termasuk kepada keluarga pasien, karena dukungan moril tersebut dapat membantu pasien dalam proses penyembuhan. Hanya dengan tekad bersama dan bergotong royong wabah virus corona bisa segera berakhir.

“Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada saudara-saudara kita yang terkonfirmasi positif COVID-19 agar segera sembuh. Masyarakat teruslah berikan dukungan dengan tetap di rumah. Jika ada aktivitas di luar maka segeralah selesaikan dan segera kembali ke rumah. Tetap gunakan masker jika beraktvifitas di luar rumah. Terapkan pola hidup bersih dan sehat untuk memutus penyebaran virus ini,” pesannya. (Bny)