Sekilas Info

Lebaran Ditengah Pandemi, Ketua Komisi A DPRD Ajak “Terempoh” Sehat

Ketua Komisi A DPRD Sintang Santosa

SINTANG,SenentangNews.com - Hari raya Idul Fitri Tahun ini bagi masyarakat sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, akibat pandemi Covid 19 kegiatan bersilaturahmi pada sanak dan saudara hingga ke teman terdekat tak bisa dilakukan.

Khusus bagi masyarakat Sintang budaya "terempoh" (silahturahmi lebaran) tahun ini ditiadakan. Hal tersebut mengingat masih masifnya penyebaran Covid-19 yang melanda bangsa indonesia yang mengharuskan untuk tetap betada dirumah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketua Komisi A DPRD Sintang Santosa mengatakan meski budaya terempoh tak bisa dilakukan ditengah pandemi Covid-19 saat ini, namun menurutnya situasi saat ini bisa dijadikan hikmah khususnya bagi umat muslim yang merayakannya.

"Saya prihatin budaya terempoh yang telah berlangsung dari nenek moyang tak bisa dilakukan tahun ini mengingat pandemi Covid-19 masih melanda bangsa kita saat ini,"kata Santosa.

Meski budaya terempoh tak bisa dilakukan, Santosa berharap pandemi Covid-19 dapat dijadikan hikmah dan saling memaafkan satu dengan yang lainnya meski keadaan saat ini tidak mengharuskan kita saling berkunjung.

"Untuk tahun ini memang harus kita batasi dulu. Memang ini lah yang harus kita lakukan, ya mau gimana lagi, kita mesti prihatin. Kita harus bantu pemerintah untuk memutus mata rantai covid 19,"ucapnya.

Menurut Santo kondisi pembatasan sosial ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat. Ia mengatakan, kesempatan berkumpul lebih banyak dengan keluarga dapat menjadi hikmah tersendiri dari pandemi ini.

“Tahun ini adalah cobaan, ujian bagi kita. Banyak hikmah yang kita dapat. Yang dulunya kita mungkin keluarga jauh, jadi didekatkan dengan adanya pandemi ini,”bebernya.

Meski budaya terempoh tak bisa dilakukan namu, Politisi PKB ini meyakini, hari raya Idul Fitri di tahun ini bisa menjadi kemenangan bagi Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona, sehingga nantinya bisa kembali fokus dalam pembangunan.

"Kita juga sudah sebulan menjalani puasa di tengah pandemi. Kita sudah mampu menjalaninya, tentu atas kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT," jelas Santosa.

Tak lupa, politisi Kayan ini juga mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri bagi masyarakat Indonesia. Ia berharap, Idul Fitri di tahun ini mampu mengantarkan pribadi menjadi lebih baik. Pribadi yang bisa lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sekaligus bisa menjadi lebih peduli kepada sesama.

"Mari kita menjadikan Idul Fitri kali ini sebagai momentum untuk terus bersatu, berdoa, dan saling menguatkan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini," pungkas Sentosa. (Bny)