Sekilas Info

Berita Hoax Tentang Corona Buat Panik, Dewan Minta Masyarakat Tenang

Harry Sinto Linoh

SINTANG | SenentangNws.com- Beredarnya berita Hoax tentang Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Sintang membuat sejumalah masyarakat panik. Pesan tak valid tersebut bahkan dibagikan di media sosial baik FB maupun WhatsApp dengan menyebut salah seeorang masyarakat Sepauk meninggal karena terjangkit Virus corona.

“Mengenai Informasi tersebut Hoax ya,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harry Sinto Linoh ditemui media ini di kantornya, Kamis (26/3/2020).

Saat ini kata Sinto berita hoax tentang virus Corona banyak macamnya. Beberapa hari lalu lanjutnya salah seorang dari kecamatan sepauk dan seorang pengusaha asal Pontianak menuju Sintang tiba-tiba meninggal dunia.

“Saya klarifikasi sekali lagi berita itu tidak benar alias hoak, silahkan bagi masyarakat Sintang bisa menghubungi hotlile kami. Nanti pasti akan dijawab, jadi jangan meneruskan berita-berita yang tidak benar,”jelas Sinto.

Kasat Reskrim Polres Sintang AKP Indra Asrianto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sintang dalam memberantas kasus penyebaran berita hoax tentang virus Corona yang merebak di Kabupaten Sintang ini.

“Kami melakukan klarifikasi tentang keakuratan data atau informasi itu. Kami juga membantu Dinkes Sintang untuk menginformasi kabar hoax tersebut dengan menyandingkan data yang sebenarnya,” tegasnya.

Indra juga menekan kepada oknum yang menyebar kabar hoax tersebut untuk berhati-hati. Sebab, menurutnya undang-undang informasi transaksi elektronik (ITE) akan dikenakan kepadamereka yang sengaja membuat dan menyebar konten palsu yang menimbulkan kegaduhan dan kepanikan kepada masyarakat.

“Jadi kita minta masyarakat untuk berhati-hati menggunakan medsosnya. Ancaman pidananya sudah jelas kurang lebih 8 tahun penjara,” pungkasnya.

Mainar Sari

Terpisah Anggota DPRD Sintang Mainar Puspa Sari meminta masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Sintang agar lebih selektif dalam menerima informasi mengenai wabah virus Corona ini. Apalagi membagikan berita yang belum tentu kebenarnnya.

Politisi Demokrat ini juga berharap, masyarakat Sintang tetap tenang dan melindungi diri dengan menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS).

“Terutama membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan bergizi, menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah dan segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,”harapnya. (bny)

error: Content is protected !!