Sekilas Info

Sintang Bentuk Gugus Penanganan Virus Corona

Pemkab SIntang Resmi Membentuk Tim Gugus Penanganan Virus Corona di Pendopo Bupati SIntang

SINTANG | SenentangNews.com- Mengantisipasi penyebaran virus Corona semakin meluas, Pemerintah Kabupaten Sintang resmi membentuk tim gugus tugas dalam percepatan penanganan virus corona di Kabupaten Sintang.

Tim gugus yang dikomandoi oleh Sekda Sintang Yosepha Hasnah dengan ketua hariannya Kepala BPBD Sintang Bernat Saragih. Sementara bupati dan ketua dewan sebagai pengarah. Tim gugus nantinya terbagi dibeberapa bidang yang memiliki tupoksinya masing-masing dalam tugas operasional.

“Kepresnya sudah ada. Pada hari ini kita menentapkan Sintang siaga virus Corona, meski belum dalam tanggap darurat, namun kita tetap waspada,”kata bupati Sintang Jarot Winarno.

Menurut Jarot Pemda Sintang juga akan meningkatkan screaning cegah tangkal diberbagai pintu masuk baik itu bandara, pelabuhan, dan terminal. Termasuk, upaya penyemprotan disinfektan di tempat yang perlu.

“Karena berdasarkan diskusi kami, bahwa penyemprotan itu harus selektif. Sehingga apa yang kita lakukan betul-betul bermanfaat,”kata Jarot.

Saat ini lanjut Jarot penyebanran virus corona di indonesia sudah 172 kasus. Bahkan di Pontianak terdapat satu kasus Covid-19. “Virus ini seperti fenomena gunung es yang sangat berbahaya bagi keselamatan manusia,”jelas Jarot.

Menurut Jarot dalam penanganan kasus ini, yang terpenting adalah tresing atau menelusuri kasus. Sebab diakuinya trasing yang dilakukan masih sangat lemah,”makanya saya minta kita untuk trasing sehingga penanganannya cepat diatasi,”bebernya.

Belum liburkan Sekolah

Hingga saat ini pemerintah Kabupaten Sintang sementara tak mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah. Menurut Bupati Sintang Jarot Winarno kebijakan meliburkan sekolah untuk anak-anak saat ini belum waktu yang tepat.

“Kita menganggap daerah Sintang masih dikategorikan aman dari Covid-19 atau Virus Corona meskipun ada beberapa masyarakat masih dalam pengawasan,”kata Jarot.

Menurut Jarot saat ini Pemkab Sintang belum siap meliburkan sekolah ini dikarenakan belum tersedianya fasilitas penunjangan bagi anak didik.

“Saya ini dokter jadi tahu situasi kapan harus diluburkan, makanya saya minta masyarakat tidak panik,”tukasnya.

Kepala Disperindagkop Sudirman mengaku pihaknya akan menjalankan seluruh intruksi bupati Sintang terkait penanganan kasus Corona di Kabupaten Sintang. Menurutnya pihaknya dalam waktu dekak akan memberikan warning kepada masyarakat yang berbelanja dipasar untuik tidak berlama-lama.

“Selain pasar nanti juga akan memebrikan edukasi ke warkop di Sintang mengenai tata cara berkumpul, nanti kita atur secepatnya,”tukasnya. (bny)

error: Content is protected !!