Sekilas Info

Isu Virus Corona di Sintang “Hoak”

Dinas Kesehatan Menggera Press Rilis terkait Isu Virus Corona di Sintang di Aula Diskominfo, Jumat (13/3/2020)

SINTANG | SenentangNews.com- Beredarnya isu virus Covid-19 melalui media sosial di Kabupaten Sintang dibatah keras Kepala Dinas Kesehatan Kabupatan Sintang Harry Sinto Linoh. Sinto menegaskan jika isu tersebut tidak benar atau hoaks.

“Tidak benar hoak itu,”kata Sinto saat menggelar press rilis di di dampingi direktur Rumah Sakit Ade M Djoen Sintang Rossa Tripina di Diskominfo, Jumat (13/3/2020).

Sinto menerangkan bahwa kabar yang beredar melalui pesan singkat whatsapp menyebutkan bahwa seorang warga Badau diduga telah terdeteksi mengalami gejala virus corona dan ditangani Rumah Sakit Umum Daerah Sintang.

“Kemari ada beberapa orang WA ke saya yang menyakatak ada seseorang pasien terjangkit virus corona. Jadi berita itu tidak benar. Berita itu hoaks,”jelas Sinto.

Saat ini lanjut Sinto, Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sintang pihaknya belum menemukan kasus virus corona. Namun Sinto memastikan pihak RSUD Ade M Djoen Sintang telah menyiapkan ruangan khusu bagi masyarakat yang terindikasi terserang virus covid-19 tersebut.

“Untuk penanganan pasien sudah kita siapkan di RSUD. Nannti akan kita lakukan simulasinya,”beber Sinto.

Namun demikian, Sinto meminta masyarakat Kabupaten Sintang untuk tetap waspada namun tidak perlu panik dalam menyikapi penyebaran virus corona.

“Pada intinya upaya pencegahan itu dimulai dari diri kita yakni individu, keluarga dan lingkungan sekitar dulu. Pemerintah pusat telah melakukan langkah protokol krisis terkait penanggulangan, pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona ini,”jelas Sinto.

Menurutnya, pencegahan menjadi hal yang harus dilaksanakan dengan maksimal karena ketika dampaknya sudah semakin parah maka upaya penanggulangan dan penanganan akan semakin berat.

“Kita minta kepada masyarakat agar menjaga kondisi tubuh dan memelihara kesehatan individu, keluarga serta lingkungan sekitar. Intinya jangan panik, segera periksa dan konsultasikan dengan pihak kesehatan apabila mengalami gangguan,” tutup Sinto. (bny)

error: Content is protected !!