Sekilas Info

Mainar: Ayo Masyarakat Sintang Jangan Ketinggalan Ikut Sensus Penduduk 2020

Mainar Sari

SINTANG | SenentangNews.com- Anggota DPRD Sintang Mainar Sari menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Sintang untuk berpartisipasi dalam pengisian data sensus penduduk tahun 2020 yang telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat di bumi Senentang ini untuk melakukan pengisian data yang benar dan valid guna tercapainya sistem pendataan yang akurat,”kata Mainar baru-baru ini.

Menurut Mainar sensus ini penting dilakukan agar pemerintah mengetahui secara jelas data penduduk indonesia khusnya di Sintang baik penduduk yang masih hidup maupun yang sudah meninggal maupun yang sudah bekerja dan pengangguran.

“Kita minta masyarakat bisa mensukseskan program nasional ini. Sehingga pemerintah juga bisa menyusun p[erencanaan pembangunan dimasa yang akan datang,”jelas Politisi Demokrat ini.

Sensus penduduk dengan metode online ini lanjut Mainar dapat memudahkan masyarakat tanpa harus didatangi petugas sensus. Pasalnya menurut Mainar dengan mengisi data sensus menggunakan sistem online seperti ini dapat dengan signifikan membantu kinerja BPS.

“Mari kita beramai-ramai mensukseskan sensus tahun 2020 ini. Ayo kita sensus ikuti program pemerintah,”tegasnya.

Sebelumnya Kepala BPS Kabupaten Sintang Mochamad Sa’udi menargetkan seluruh masyarakat di 14 kecamatan bisa disensus baik mengguanakan metode online maupun manual.

“Pendataan mandiri secara online ini sangat penting, sehingga masyarakat yang sibuk dengan kegiatan sehingga tidak bertemu petugas pendata bisa melakukan pendataan secara mandiri, sisanya yang tidak melakukan pendataan mandiri, itu yang akan didatangi petugas pendata,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan sensus penduduk ini disampaikannya akan disinkronkan atau dipadukan dengan data pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Dengan begitu diperoleh satu data kependudukan di Kabupaten Sintang yang sah.

“Kita berharap salama pengisian data masyarakat nantinya bisa dilakukan dengan benar dan ril adanya, sehingga dengan momentum sensus penduduk ini, diharapkan nantinya satu data kependudukan yang keluar,” tukasnya. (bny)