Sekilas Info

Yohanes Rumpak Reses Plus Sosialisasi Program Kemenkop

Foto nersama forkopimcam Kayan Hilir dan warga dari dua desa usai pertemuan

SINTANG | SenentangNews.com - Selama masa Reses Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, tanggal. 12-19 Desember, Wakil Ketua Komisi IV Yohanes Rumpak selain menjaring aspirasi masyarakat, juga melakukan sosialisasi program dari Kementerian Koperasi. Sosialisasi program ini, dilakukan Yohanes Rumpak di semua acara pertemuan dengan konstituen selama dirinya melaksanakan Reses.

Hanya Yohanes Rumpak yang mensosialisasikan program ini. Karena hanya dirinya yang hadir dalam pertemuan dengan Menteri Koperasi pada tiga pekan lalu. Undangan dari Menteri Koperasi ini, ditujukan kepada DPRD Provinsi se Indonesia, khusus untuk PDI Perjuangan. Karena ini adalah prakarsa dari DPP partai. Dan dari sekian banyak anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, memang hanya Yohanes Rumpak yang diutus oleh partai.

Dipaparkan oleh Yohanes, bahwa Kementerian Koperasi memiliki program bantuan dibidang perkebunan, perikanan dan peternakan. Ada sebanyak lima jenis komoditas yang telah disiapkan. Namun program ini hanya akan disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang berbadan hukum koperasi. Sementara, aspirasi dari masyarakat di semua tempat pertemuan rata-rata didominasi dengan usulan perbaikan infrastruktur jalan.

Sepanjang masa Reses Yohanes ini, pertemuan terbesar terjadi di Kecamatan Kayan Hilir yang dihadiri warga Desa Nanga Mau dan Desa Mekar Mandiri. Pertemuan ini dihadiri oleh Forkopimcam Kayan Hilir lengkap, Camat M. Napiah, Danramil Kapten (Inf) Warna, Kapolsek Iptu Ya’ Yanto, Ketua Dewan Adat Dayak Kayan Hilir Matius Akon, serta sejumlah Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Pertemuan di ibukota Kayan Hilir yang dibelah oleh Jalan Provinsi ini, tidak ada masyarakat yang mempersoalkan tentang ruas Jalan Provinsi. Karena pada tahun berjalan 2019 ini, terdapat dua buah kegiatan proyek besar. Yaitu Proyek Pemeliharaan Jalan Ruas Simpang Medang – Nanga Mau dan Proyek Peningkatan Jalan Ruas Nanga Mau – Tebidah.

“Menurut data, proyek ini masih akan dilanjutkan di Tahun Anggaran 2020. Dan itu adalah karya dari Anggota DPRD Provinsi sebelumnya. Kewajiban Anggota DPRD periode ini terhadap proyek tersebut, adalah untuk mengawalnya hingga proyek selesai,” jelas Yohanes Rumpak.

Banyak juga usulan-usulan yang sebetulnya menjadi domain dari Pemerintah Kabupaten. Usulan ini, ditampung oleh Anggota DPRD Sintang dari Fraksi PDI Perjuangan, Kwet Sun. Kebetulan Kwet Sun saat itu juga tengah melaksanakan Reses ditempat yang sama. (lcs)