Sekilas Info

Kejar Masuk Lima Besar Di Kalbar, Unka Akan Perbanyak Penelitian

Rektor Unka Sintang Dr. Antonius S.Hut MP Bersama Istri Usai Pelantikan

SINTANG | SenentangNews.com- Ditemui seusai pelantikan dirinya di Gedung Pancasila Sintang, Senin (16/12/2019) Rektor Universitas Kapuas (Unka) Sintang, Dr. Antonius, S.Hut, MP menyampaikan bahwa untuk saat ini Unka akan memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal penelitian baik ditingkat Dosen maupun ditungkat mahasiswa.

Antonius menambahkan, bahwa Unka harus mengejar status diantara perguruan tinggi lain di Kalimantan Barat (Kalbar). Dari sisi pengajaran Unka sudah kuat, karena sudah banyak Dosen yang S3, namun dari sisi penelitian Unka masih Harus berkerja keras. Terutama Dosen karena ini wajib dari sisi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita mengejar dalam tiga tahun pertama paling tidak Unka masuk lima besar di Kalbar.

“Kemudian Program Kreatifitas Mahasiswa, harus didorong. Kebetulan pada 20 Desember nanti saya sudah digerakan beberapa teman-teman untuk mengejar 50 judul untuk bisa masuk ke Program Kreatifitas Mahasiswa, yang sebelumnya sama sekali belum pernah kita lakukan. Sisi lainnya, tentu tentang juga tata-kelola Perguruan Tinggi yang baik berbasis IT,” papar Antonius.

Ketika ditanya seperti apa peran Unka kedepan dalam mendukung Lingkar Temu Kabupaten Lestari ((LTKL). Yaitu forum kolaborasi antara masyarakat sipil, akademisi, swasta dan pemerintah kabupaten. Menurut Antonius, dirinya cocern sekali karena Unka ada jurusan Kehutanan. Karena Konsep Kabupaten Lestari adalah pembangunan berkelanjutan. Maka konsep pengelolaannya tentu mengedepankan kelestarian lingkungan disamping sisi ekonomi masyarakat harus mendapatkan manfaat.

“Dari sudut pengabdian kepada masyarakat, Unka harus mampu memberikan nilai kepada masyarakat baik dari sisi ekonomi maupun sisi sosial budaya yang tidak boleh tergerus. Local knowledge menjadi ujung tombak bagi Kabupaten Lestari. Karenanya local knowledge yang ada di masyarakat harus dikembangkan seiring dengan pembangunan, agar pembangunan berkelanjutan dapat tercapai,” pungkas Antonius. (lcs)