Percepat Pembangunan Kawasan Industri Sungai Ringin

340

SINTANG I SenentangNews.com-Percepatan pembangunan Kawasan Industri Sungai Ringin, terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang sebagai wujud implementasi Perda nomor 20 tahun 2015 tentang RTRW Kabupaten Sintang 2016 sampai dengan 2036 yang menetapkan Sungai Ringin masuk dalam proyek strategis nasional.

Wakil bupati Sintang Askiman mengungkapkan status kawasan industi Sungai Ringin masuk dalam kawasan strategis Pemda Sintang yang harus didetailkan melalui dokumen RDTR. Hal ini untuk memetakan segmen masing-masing industri yang akan dikembangkan. Sehingga ada kejelasan kewenangan di masing-masing tingkatan pemerintahan.

“Saat ini kami kebut penyelesaian penyusunan dokumen untuk mengejar target itu,” kata Askiman saat membuka rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) BWP Industri Sungai Ringin di Hotel My Home, Kamis (05/12/2019).

Menurut Askiman BWP Industri Sungai Ringin sebagai pusat kegiatan lokal (PKL) perlu diarahkan pemanfaatan ruang secara bijaksana, berhasil guna, serasi selaras, seimbang dan berkelanjutan.

“Kita bersyukur pada hari ini kita dapat melakukan rangkaian dari tahapan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTR) Kawasan Industri Sungai Ringin. Penyusunan dokumen ini terwujud melalui program bantuan teknis dari direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian ATR/BPN,”kata Askiman.

Askiman mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ATR/BPN yang telah membantu Pemerintah Kabupaten dalam penyusunan dokumen penataan ruang kawasan industri Sungai Ringin.

“Bagi pemerintah Kabupaten Sintang dengan terwujudnya penyusunannya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Industri Sungai Ringin memiliki arti penting sebagai alat bantu dalam menyederhanakan dan mempermudah birokrasi perizinan yang terintegrasi melalui sistem Online Single Submission (OSS) dengan sistem webgis Kementerian ATR/BPN,” ungkap Askiman. (Bny)