Sekilas Info

Golkar Buka Pendaftaran, Jarot Jadi yang Pertama di Susul Askiman

DPD Nasdem Sintang Mendaftar Ke DPD Golkar

SINTANG I SenentangNews.com- Pilkada Sintang 2020 bakal jadi perang bintang. Indikasinya bisa dilihat dari banyaknya pendaftar di parpol yang membuka penjaringan. Di Partai DPD Golkar Sintang misalnya, meski baru dibuka, dua calon kuat nampak mengambil formulir calon bupati dan wakil bupati.

Partai Nasdem menjadi yang pertama disusul Askiman mendaftar ke partai pohon beringin itu. Meski tak dihadiri Jarot Winarno langsung, Kedatangan DPD Partai Nasedem ke DPD Golkar diwakili langsung Ketua Partai Nasdem Sintang Heri Samsuddin beserta pengurus inti DPD Sintang.

Menurut Heri Samsudin partainya sengaja mendaftar ke partai politik di luar Partai Nasdem. “Ini merupakan salah satu wujud keseriusan kami untuk maju di Pilkada Sintang 2020 mendatang,” kata Heri.

Ditegaskan Heri dalam pelaksanaan Pilkada Sintang 2020 mendatang, DPD Nasdem berkeinginan untuk merangkul semua potensi yang ada, termasuk partai-partai politik untuk bisa bergabung.

"Harapan kita koalisi bisa bergabung untuk bisa memanjangkan kontestasi ini,"harapnya.

Jarot Winarno sendiri memang diprediksi akan menjadi salah satu kandidat kuat dalam pesta demokrasi di "Kota Bersemi" 2020 mendatang.

Selain diperkirakan juga akan mendapat dukungan dari Partai Golkar yang telah memiliki 4 kursi di DPRD Sintang, Jarot juga diketahui telah memiliki jaringan yang cukup kuat dan mengakar di masyarakat bumi Senentang.

Askiman Mendaftar

Gunalan Mewakili Askiman Saat Mendaftar di DPD Golkar Sintang

Tak hanya Jarot Winarno yang diwakili Ketua DPD Nasdem beserta pengurus inti mendaftar ke DPD Golkar, Askiman juga tak mau ketinggalan.

Askiman yang diwakili Gunalan juga tampak mendaftar ke DPD Golkar. Kedatangan Gunalan sendiri diterima beberapa pengurus DPD Golkar itu.

"Saya mendaftarkan pak Askiman ke Golkar untuk mengambil Formulir,"kata Gunalan.

Gunalan sendiri menegaskan, membangun Sintang butuh sinergi dengan partai politik lain. Bahkan dia menyebut, jika ada partai politik lain yang membuka pendaftaran, Pihaknya akan mendaftar pula.

“Membangun Sintang tak bisa Partai Golkar saja. Butuh kebersamaan dengan partai politik lain. Kami juga sudah mendaftar ke PDIP, PAN, Gerindra dan terakhir Golkar,"jelas Gunalan.

Disinggung soal tidak ikunya Askiman saat mendaftar, Gunalan menyebut bahwa ada faktor kesibukan.

"Beliau tidak ikut dikarenakan ada peresmian rumah Betang di Sepauk. Untuk itu beliau mengutus kami ke sini,"tukasnya.

Sementara itu, Wakil Seketaris DPD Golkar Sintang Suhartono mengatakan, Jarot Winarno merupakan yang pertama menyerahkan formulir pendaftaran ke partai tersebut.  Namun selain itu, diakuinya juga telah ada beberapa tokoh lain yang sudah mengambil formulir seperti Askiman.

"Hari ini ada dua nama yang mendaftar pertama pak Jarot dan pak Askiman. Pendaftaran kami buka dari tanggal 3-6 Desember mendatang,"kata Suhartono.

DPD Golkar Sintang sendiri kata Suhartono melakukan dua tahapan pencalonan. Pertama pendaftaran formulir sampai 6 Desember. Lalu tahap kedua pengembalian formulir yang akan berakhir tanggal 8 Desember.

"Tim penjaringan tidak punya wewenang untuk memilih. Kami cuma memverifikasi data. Kemudian kami serahkan ke provinsi untuk kemudian dinilai DPP," terangnya.

Terlepas dari itu, Suhartono menegaskan, dibukanya pendaftaran ini demi menjaring sebanyak-banyaknya nama potensial. Lantas bagaimana dengan dukungan untuk kader Golkar Agrianus?

"Untuk kader Golkar yang kami usung yakni pak Agrianus, itu nunggu hasil Munas Golkar yang masih berlangsung di Jakarta,"tukasnya. (Beny)