Sekilas Info

Bupati Sintang Pimpin Renungan Hari Pramuka

SINTANG I Senentang news.com-Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang memperingat Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke 53 Tahun 2014 Gedung Cadika Kompleks Stadion Baning Sintang pada Rabu, 13 Agustus 2014 pukul 20.00. Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M.Si memimpin renungan terhadap gerakan pramuka dan pengucapan ulang janji gerakan pramuka.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sintang yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Sintang menyampaikan bahwa kegiatan renungan dan pengucapan ulang janji pramuka sempat tidak dilakukan pada beberapa tahun terakhir karena Hari Pramuka selalu bertepatan dengan bulan suci ramadhan.

“Dengan mengulangi janji ini,mari kita melihat ke dalam hati kita masing-masing apa yang telah kita lakukan selama setahun ini. Sudah kita memenuhi janji seperti yang kita ucapkan” ucap Bupati Sintang.

Dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa banyak orang berharap kepada gerakan pramuka untuk merubah banyak hal. Pramuka sejak didirikan oleh Lord Baden Powell sampai dengan saat ini 100 tahun gerakan pramuka tumbuh di bumi pertiwi, sudah dengan tegas bahwa gerakan pramuka terdapat pendidikan karakter dan cinta tanah air.

Bupati sintang juga mengajak seluruh anggota pramuka dan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang untuk menyimak kembali apa yang diucapkan oleh Bung Karno pada saat menyerahkan Panji Gerakan Pramuka 53 tahun yang lalu yakni “Berjuanglah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita, sampai suatu ketika, setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik yang mahasiswa di kota maupun yang pengembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan “aku pramuka Indonesia”.

Menurut Bupati Sintang, kalimat Bung Karno tersebut sederhana, tetapi sulit untuk kita terapkan. “Untuk itu, sudah menjadi tugas kita sebagai anggota dewan dalam gerakan pramuka untuk menjalankan apa yang sudah diamanatkan bangsa kepada Gerakan Pramuka. (slh/red)