Anggota DPR RI Siap Kawal Kasus Peladang, Yessy : Saya ada Bersama Peladang

1298
Yessy Melania

SINTANG I SenentangNews.com- Anggota komisi IV DPR RI Yessy Melania mengatakan akan mengawal kasus 6 peladang yang menjadi terdakwa kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Sintang.

Menurut Yessy kasus yang terjadi pada masyarakat peladang membuktikan negara tidak hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Kunjungan kami ke Sintang sebagai bentuk keseriusan komisi IV DPR RI terhadap penanganan kasus yang menimpa peladang terutama masyarakat adat,”kata Yessi.

Yessy mengaku kasus karhutla tidak hanya terjadi di Kabupaten Sintang melainkan di kabupaten lainnya di Kalimantan Barat yang sudah menjadi isu nasional.

“Kasus ini sudah menjadi isu nasional. Jadi ini menjadi titik fokus kita terhadap penanganan kasus 6 peladang yang menjadi terdakwa kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Sintang,”kata Yessi.

Komisi IV DPR RI kata Politisi Nasdem ini berjanji akan mengawal kasus ini sampai tuntas bahkan kata dia pihaknya akan mendorong suatu regulasi yang relefan dan berpihak terhadap masyarakat di daerah.

“Jadi undang-undang yang diciptakan tidak boleh tajam kebawah tumpul keatas. Karna kita Indonesia jadi perlakuannya harus berpihak ke masyarakat bawah,”jelasnya.

Terhadap proses hukum peladang Politisi Kalbar II ini mengaku mempunyai keinginan yang sama yakni bebas. Tapi negara Indonesia ini adalah negara hukum tentu semuanya mengikuti proses yang harus dilalui bersama.

“Tapi ketika mereka ditetapkan sebagai tersangka ini jelas sudah melukai hati kita semua. Tapi kami dan saya sebagai anak peladang merasakan itu.

Jika hal tersebut terjadi lanjutnya maka solusi konkritnya yakni melakukan banding pemutihan nama.

“Jadi tidak ada lagi embel-embel mantan Narapidana dan segala macam karna peladang bukan penjahat,”tukasnya. (Beny)