Penanganan Kasus Peladang di Sintang Jadi Perhatian Komisi IV DPR RI

450
Kunjungan Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang, Jumat (29/11/2019)

SINTANG I SenentangNews.com- Merespons banyak keluhan masyarakat terkait proses persidangan 6 peladang yang menjadi terdakwa kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI  melakukan kunjungan kerjanya ke kabupaten Sintang, Jumat (29/11/2019).

Rombongan yang dipimpin langsung wakil ketua Komisi IV Danil Johan ini ingin mengetahui secara langsung kondisi di lapangan untuk membahas penegakan hukum enam peladang di kabupaten Sintang.

“Kami dalam posisi akan melihat secara jelas apa yang dialami di sini. Kami juga memastikan keenam peladang mendapatkan keadilan,”kata Danil.

Danil juga berharap proses hukum yang menimpa keenam peladang dikabupaten Sintang bisa segera tuntas sehingga kasus seperti ini tidak terulang lagi kedepannya.

“Kita berharap kasus seperti ini tidak terulang lagi. Kita juga akan mengawal kasus ini sampai ke Senayan,”tukasnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno berharap kehadiran komisi IV DPR RI ke kabupaten Sintang bisa memberikan solusi terhadap penanganan karhutla di Kabupaten Sintang.

“Kehadiran Komisi IV DPR RI di Sintang kita harapkan memberikan solusi terhadap keenam peladang maupun kedepannya supay kasus ini tidak terulang lagi,”harap bupati Jarot.

Terpisah Salah satu perwakilan Aliansi Solidaritas Anak Peladang (ASAP) Jimmi Manopo berharap kasus yang menimpa keenam peladang bisa dibebaskan dari jeratan hukum.

“Yang kami minta tidak lain dan tidak bukan yakni bebas murni, sebab peladang bukan penjahat,”tukasnya. (beny)