DPRD Minta Dana BOS Kembali Dianggarkan

310

SINTANG | SenentangNews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menganggarkan kembali dana Bantuan Operasional Sekolah. Hal tersebut diungkapkan oleh Fraksi Gerindra melalui juru bicaranya, Billy Welsan pada Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang Atas Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Kabupaten Sintang yang digelar di ruang sidang DPRD Sintang, Senin (18/11/2019).

“Kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mengganggarkan kembali Dana Bantuan Operasional Sekolah,” ujarnya.

Billy Welsan menyampaikan bahwa terhentinya dana Bantuan Operasional Sekolah sejak tahun 2017 lalu memberikan pengaruh kepada kualitas pendidikan di Kabupaten Sintang mengingat ada beberapa hal berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan masih menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah.

“Kita ini masih kurang ternaga pendidik yang mengajar di sekolah, penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah salah satunya adalah untuk memberikan tunjangan kepada guru non PNS yang mengajar di sekolah. Maka dari itu, ini perlu menjadi pertimbangan kembali,” katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus mengaku bahwa Dana Bantuan Operasional Daerah sangat membantu dalam kegiatan pendidikan sekolah karena bagaimanapun Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler tidak mencukupi. Untuk itu, ia berterimakasih kepada DPRD Kabupaten Sintang yang memberikan perhatian pada hal tersebut.

“Pada tahun 2017 lalu, karena melihat dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler naik maka Dana Bantuan Operasional Daerah kita dikurangi. Namun pada tahun 2018 semuanya hilang, tak lagi dianggarkan untuk itu. Kita berharap pada anggaran perubahan 2020 Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah dapat kembali diadakan,” pungkasnya. (Uli)