Sekilas Info

Bentuk Karakter Generasi Muda, Sandan : Orang Tua Harus Bijak Tanggapi Kemajuan Teknologi

Ketua Komisi C DPRD Kabuapten Sintang, Sandan

SINTANG | SenentangNews.com – Kemajuan teknologi yang tak diperlakukan dengan bijak memberikan dampak negative bagi generasi muda. Hal tersebut yang seharusnya menjadi PR bagi seluruh elemen masyarakat agar hal demkian dapat diminimalisir.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan, Sandan mengatakan orangtua harusnya membatasi anak-anak dalam menggunakan teknologi terlebih lagi untuk hal yang tidak bermanfaat.

“Kita tentu berharap orangtua dapat menyikapi perkembangan teknologi ini dengan bijak salah satunya adalah dengan membatasi anak-anaknya menggunakan Handphone terlebih hanya untuk ngegame saja,” ujarnya kepada SenentangNews.com, Jumat (1/11).

Tak hanya orang tua, lanjut Sandan, para pendidik juga harus memberikan pengertian dan pengawasan kepada peserta didiknya dalam pengggunaan handphone. Pasalnya, guru merupakan orangtua kedua bagi peserta didik yang tentunya mempunyai peran penting dalam pembangunan karakter.

“Ngegame ini biasanya membuat karakter generasi muda bukan lah menjadi karakter yang sepatutnya. Coba lihat, beberapa orang yang ngegame kadang mengeluarkan bahasa kasar yang bahkan tidak harus diketahui oleh anak seusia mereka. Ini PR kita semua, tegur jika melihat yang demikian,” katanya.

Sandan menyampaikan bahwa pihgaknya akna segera melakukan koordinasi dengan instasni terkait untuk membahas beberapa hal terkait dunia pendidikan dan kualitas peserta didik yang ada di Kabupaten Sintang.

“Kita akan segra raoat kerja untuk membahas hal ini dan beberapa hal lainnya yang sangat krusial dalam pembentukan karakter generasi muda yang saat ini sedang digaungkan oleh Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (Uli)