Peran Lingkungan Dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba

252
Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari

SINTANG | SenentangNews.com – Lingkungan mempunyai peran penting bagi tumbuh kembang anak termasuk dalam menanggulangi permasalahan penyalahgunaan narkoba. Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari ketika di temui di DPRD Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu.

“Tak bisa disalahkan seratus persen keluarga karena tak ada orangtua yang mau anaknya rusak karena narkoba. Lingkungan juga mengambil peran penting dalam hal ini,” ujarnya.

Mainar Puspa Sari mengakui bahwa dirinya sebagai Ibu pun kerap takut jika anak-anaknya terjerumus dalam hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba.

“Ini adalah kekhawatiran semua Ibu dan semua orangtua, bagaimana caranya agar anak tidak terjerat hal negatif, termasuk saya. Yang kita lakukan adalah menangani kenakalan remaja secara bijak,” katanya.

Mainar Puspa Sari mengajak semua pihak untuk terus melakukan pengawasan dan membentuk lingkungan positif agar terhindari dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Miris. Jumlah penyalahgunaan narkoba masih cukup tinggi. Ini yang harusnya menjadi perhatian banyak pihak. Pondasi utama adalah nilai religius, itu bisa ditanamkan dalam kehidupan keluarga dan juga lingkungan,” tuturnya.

Mainar berharap aparat Kepolisian dan BNNK Sintang dapat lebih meningkatkan peran dalam mengawasi dan menanggulangi permasalahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sintang khususnya.

“Untuk BNN dan Kepolisian saya harap bisa bekerja lebih maksimal dalam menangani hal ini. Dan tentunya dibantu semua pihak agar permasalahan narkotika dapat diminimalisir,” pungkasnya. (Uli)