Santosa : Inovator Diperlukan Untuk Pembangunan

288
Anggota DPRD Sintang, Santosa

SINTANG | SenentangNews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa mengapresiasi perolehan penghargaan Inovasi yang telah diraih oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang.

“Ini adalah hal yang menakjubkan terutama di dunia pendidikan Kabupaten Sintang. Dimana penggiat pendidikan yang merupakan bagian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang mampu memperoleh penghargaan tersebut yang artinya inovasi yang ia buat diakui mampu memberikan penguatan karakter kepada siswa,” ujarnya kepada SenentangNews.com, Kamis kemarin (24/10/2019).

Santosa menyampaikan inovasi sangat diperlukan terlebih lagi di dunia pendidikan. Mengingat banyak hal yang harus diperbaiki dalam sistem pendidikan sehingga peningkatan kualitas pendidikan dapat terus dilakukan.

“Inovator yang demikian sangat dibutuhkan apalagi untuk peningkatan pendidikan yang ada di wilayah pedalaman dan perbatasan. Bagaimana penggiat pendidikan mampu memberikan buah pikiran yang membuat peserta didik mampu menyerap ilmu dan menerapkan di kehidupan,” ucapnya.

Pendidikan karakter, lanjut Santosa merupakan bagian penting dalam menjalankan kehidupan kebangsaan yang bermartabat kedepannya. Untuk itu, ia berharap akan lebih banyak inovator yang menghasilkan inovasi yang baik dalam peningkatan kualitas terutama dalam penguatan karakter seperti visi dan misi yang telah dicanangkan oleh Pemerintah.

“Pintar saja tak cukup. Bangsa Indonesia harus mempunyai karakter yang mampu membuatnya dikenal, dihormati dan disegani oleh bangsa luar. Itu kenapa inovator dari berbagai lini sangat diperlukan,” pungkasnya.

Sebelumya, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang berhasil meraih terbaik V Inovasi Administrasi Negara Bagi Pejabat Administrator se-Kalimantan Barat Tahun 2019 Republik Indonesia atas inovasinya di dunia pendidikan Kabupaten Sintang dengan membuat Lorong Pintar Berkarakter (Lo Pinter).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Administrasi Negara Republik Indonesia, Adi Suriyanto saat pembukaan Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) beberapa waktu lalu. (Uli)