Hanura Sintang Memanas, Nikodemus Ditetapkan Wakil Ketua, Heri Jamri Tempuh Jalur Hukum

1195
Nikodemus Saat Menunjukan SK dari DPP dan DPD Hanura Kalbar

SINTANG | SenentangNews.com- Detik-detik penetapan unsur pimpinan DPRD Sintang yang menetapkan Partai Hanura sebagai unsur pimpinan harus ditunda. Lantaran Partai Hanura sendiri Hingga paripurna berlangsung belum memberikan rekomendasi nama kepada pimpinan DPRD Sintang.

Dalam paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Sintang, Selasa (8/10/2019) hanya menetapkan dua dari tiga nama yang telah ditetapkan. Yakni Partai Nasdem, PDI Perjuangan sementara partai Hanura sendiri ditunda penetapannya lantara masih dalam proses.

Ditemui usai rapat berlangsung Nikodemus yang ditetapkan sebagai wakil ketua DPRD Sintang mengakuheran lantaran dalam paripurna berlangsung namanya tidak dibacakan beserta dua partai yang telah disebutkan

Padahal lanjutnya berdasarkan terbitnya SK No: SKEP/342/DPP-Hanura/IX/2019 dan SK DPD Hanura Kalbar Nomor: 98/DPD-Hanura/KB/X/2019 tertulis No: SKEP/342/DPP-Hanura/IX/2019 tertanggal 27 September 2019 tentang pengangkatan Nikodimus sebagai Wakil Ketua DPRD Sintang dari Fraksi Partai Hanura.

“Artinya sesui SK tersebut sayalah yang ditunjuk sebagai wakil ketua di DPRD Sintang,”jelas Nikodemus.

Menurut Nikodemus SK penunjukan tersebut sudah keluar ini berdasarkan keputusan dari DPP dan DPD Hanura Kalbar.

“Intinya kita serahkan saja ke mekanisme Partai sebab disana sudah jelas semuanya,”kata Nikodemus.

Sementara itu Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Sintang Heri Jamri mengaku bahwa dirinya merasa terzolimi oleh kebijakan yang diambil oleh ketua DPD Hanura yakni Suyanto Tanjung.

“Saya menilai, masalahnya ketua DPD Hanura Kalbar tidak senang dengan ketua DPC Hanura Sintang, tentu ini tidak rasional kalau hanya masaha pribadi,”kata Heri.

Menurut Heri selama ini DPC Sintang telah solid dan sangat loyal dengan partai. Ini dibuktikan dengan bertambahnya kursi dari dua menjadi lima kursi di DPRD Sintang.

“Keputusan ini tidak adil bagi saya. Sebab hanya karena ketidak sukaan Ketua DPD Hanura secara pribadi dengan Heri Jamri sehingga membuat keputusan brutal yang memanfaatkan ketua umum yang baik. Tentu ini akan kami telusuri dan diselasaikan melalui mahkamah partai,”tegasnya.

Sementara itu dikonfirmasi melalui telepon selulernya, ketua DPD Hanura Kalbar Suyanto Tanjung membantah bahwa dirinya tidak ada masalah pribadi dengan ketua DPC Hanura Sintang.

“Saya tidak ada masalah dengan beliau (Heri Jamri), ”kata Suytanto Tanjung.

Menurut Ajung begitu ia disapa bahwa terhadap SK penunjukan pimpinan dewan Sintang kepada Nikodemus sudah sesuai prosedur yang berlalu di partai Hanura.

“SK itu sudah terbit dari Ketum, hanya saja ketua DPC Sintang tidak menindaklanjutinya,”bebernya.

Terhadap perlawanan yang dilakukan oleh ketua DPC Hanura Sintang akan menempuh jalur hukum, Ajung tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Silahkan saja menempuh jalur hukum, toh semua ada mekanisme yang sudah mengatur itu,”tukasnya. (bny)