Lewat YBM, UPP PLN Sintang Salurkan Bantuan Rumah Kepada Sesama

516
Penyerahan Bantuan dari Manejer UPP PLN Sintang Kepada Penerima Bantuan

SINTANG| SenentangNews.com – Kepedulian UPP PLN Wilayah Sintang terhadap masyarakat begitu besar. Rabu (2/10/2019) melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) UIP Kalimantan Bagian Barat memberikan bantuan pembuatan rumah kepada Ali Mustofa, salah satu warga Kelurahan Akcaya, Rabu (2/10/2019).

Peletakan batu pertama secara simbolis tersebut dilakukan Maneger UPP II Sintang, Adliansyah di Kelurahan Akcaya yang disaksikan Lurah Akcaya Edi Aryono serta masyarakat setempat.

Maneger UPP II Sintang, Adliansyah Saat Memberikan Sambutan

Meneger UPP II Sintang, Adliansyah mengungkapkan bahwa bantuan pembuatan rumah yang diberikan kepada Ali Mustofa bukan merupakan CSR namun hasil dari dana karyawan yang dikumpulkan setiap bulannya.

“Kita ada Baitul Maal yang disana setiap bulannya ada dana karyawan yang disisihkan untuk keperluan sosial seperti yang saat ini dilakukan. Jadi ini bukan dana CSR karena kalau dana CSR itu artinya dana dari perusahaan,” ujarnya.

Pria asal Banjarmasin ini mengatakan bahwa dalam pemberian bantuan ini pihaknya juga memiliki kriteria dengan maksud tujuan yang diberikan oleh Baitul Maal UIP Kalimantan Barat tepat sasaran sehingga mendatangkan manfaat bagi yang menerima.

“Sebelumnya ada juga berapa kegiatan yang sudah kami lakukan yaitu pemberian mukena dan Al-Qur’an, memberikan santunan kepada Guru Ngaji, bantuan sembako dan juga bantuan pembuatan rumah ini. Tentunya ada kriteria tertentu dalam pemberian bantuan, kita ingin agar semua tepat sasaran,” ucapnya.

Terhadap bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat dan memberikan kebahagian kepada penerima. Bantuan ini juga merupakan partisipasi para karyawan PLN dari dana YBM UIP Kalimantan Bagian Barat.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti hanya di sini saja. Kedepan kami ada program lagi tentunya berbagi kepada sesama,”tukasnya.

Adliansyah juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu sehingga proses pelaksanaan pembuatan rumah yang dilakukan oleh Yayasan Baitul Maal UIP Kalimantan Bagian Barat UPP II Sintang dapat terselenggara.

“Kami hanya menanggung biaya pembuatan rumah dengan semi permanen namun untuk tanah diberikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Sintang yang terpilih yaitu Bapak Ghulam Raziq. Kami pribadi mengucapkan terimakasih kepada Pak Raziq semoga diberikan kemudahan sebagaimana ia memberikan kemudahan kepada orang lain,” tuturnya.

Gulam Raziq

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Ghulam Raziq membenarkan bahwa dirinya menyerahkan tanah untuk Pak Ali Mustofa agar dapat menikmati masa tuanya dengan baik.

“Sebelumnya, rumah yang Pak Ali sekeluarga tempati memang ada di tanah keluarga saya. Begitu mendengar bahwa Pak Ali mendapatkan bantuan namun dengan syarat harus memiliki tanah atas nama sendiri, saya langsung membeli sebidang tanah untuk diserahkan kepada Pak Ali. Jadi nanti, tanah yang Pak Ali tempati itu adalah tanah atas nama pribadinya, semoga bermanfaat untuk masa tua beliau,” ungkapnya kepada SenentangNews.com.

Pada kesempatan ini, Ghulam Raziq juga mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Yayasan Baitul Maal UIP Kalimantan Bagian Barat UPP II Sintang yang telah memberikan bantuan kepada Pak Ali Mustofa.

“Saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh karyawan UPP II Sintang yang bersedia menyisihkan sebagian hartanya melalui YBM UIP Kalimantan Bagian Barat untuk memberikan bantuan kepada Pak Ali Mustofa. Semoga selalu dalam RahmatNya,” katanya.

Lurah Akcaya, Edi Aryono mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Baitul Maal (YBM) UIP Kalimantan Bagian Barat UPP II Sintang yang telah memberikan bantuan kepada salah satu warganya berupa bantuan pembuatan rumah.

“Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi apa yang telah diberikan oleh YBM UIP Kalimantan Bagian Barat UPP II Sintang kepada salah satu warga saya. Tentu ini sangat membantu mengingat tempat tinggal Pak Ali Mustofa sudah cukup memprihatinkan dan memang perlu segera diperbaiki agar layak huni,” tuturnya.

Edi mengaku kerap menyampaikan kepada pihak terkait terutama Pemerintah Kabupaten Sintang bahwa ada beberapa warganya yang masih tinggal ditempat tidak layak huni atau tergolong tidak mampu.

“Ada beberapa warga yang masih tergolong tidak mampu namun Pak Ali Mustofa ini memang diprioritaskan karena memang kondisi sangat mendesak dan memperihatinkan,” katanya.

Sementara itu, Ali Mustofa warga Kelurahan Akcaya yang menerima bantuan pembuatan rumah itu mengaku senang bahwa dirinya mendapatkan program tersebut. Ali yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh tidak tetap merasa bahwa program tersebut sangat membantunya.

“Rumah yang saya tinggali tanahnya miliki Pak Raziq, sudah puluhan tahun saya tinggal disini. Kondisinya sangat tidak baik, kalau angin kami takut diam di dalam rumah, goyang-goyang takut kami. Kalau malam ya mau dak mau, soalnya mau lari kemana,” pungkasnya. (Red)