Sekilas Info

Akhirnya 8 Fraksi Sepakat Setujui APBD Tahun Anggaran 2020

SEKADAU | SenentangNews.com – Rapat paripurna ke VI masa persidangan ke III mendengarkan Pendapat Akhir (PA) fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Albertus Pinus ketua DPRD didampingi Hendi dan Jebray Raja Tugam wakil ketua DPRD Sekadau di ruang sidang kantor DPRD Kamis, (26/9/2019).

Hadir pada rapat paripurna tersebut, Bupati Sekadau Rupinus wakil bupati Aloysius, Kapolres Sekadau, para asisten, kepala OPD, serta seluruh anggota DPRD Sekadau.

Dalam PA-nya fraksi PDIP mendapat giliran pertama yang dibacakan oleh Musa mengapresiasi adanya peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD).

Fraksi ini meminta agar semua pihak ikut serta mengawasi pengunaan anggaran, tujuannya agar tidak terjadi penyimpangan.

"Kami menyarankan mengahadapi Polkada tahun 2020, Aparatur Sipil Negara harus netral," pinta Musa.

Sementara itu fraksi demokrat yang dibacakan oleh Hasan juga menyetujui Raperda APBD menjadi Perda.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Fraksi Golongan Karya Oleh Muslimin, ia meminta pengelolaan keuangan daerah, harus hati-hati, agar anggaran dalam APBD dapat dirasakan oleh masyarakat.

Fraksi PAN oleh Muhamad, fraksi ini meminta, agar fungsi APBD tepat sasaran.

Fraksi Grindra oleh Heryanto juga menyetujui RAPBD menjadi Perda APBD tahun 2020.

Fraksi Nasdem oleh Yohanes Ayub juga mengatakan hal yang sama dan fraksi Hanura yang dibacakan oleh, David fraksi inj berharap agar APBD mampu menberikan manfaat untuk kemajuan daerah.

Terakhir adalah fraksi Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) yang dibacakan oleh Indra Brata.

Fraksi ini berharap agar semua SKPD dapat mengotimalkan pelayananan kepada masyarakat.

"Pemberian bantuan hibah harus sesuai dengan aturan, pemerintah daerah perlu ada upaya trobosan, untuk mengali potensi PAD yang belum tergali,"katanya.

Sementara itu dalam sambutanya bupati Sekadau Rupinus menyampaikan aplus kepada semua anggota DPRD yang telah bersusah payah bersama tim dari eksekutif ketika melakukan pembahasan Rancangan APBD.

Selain itu kata dia, harapan kita bersama program dan kegiatan yang telah disepakati berdasarkan saran dan masukan para anggota Dewan, dalam rancangan Perda tentang APBD tahun anggaran 2020.

"APBD tahun 2020 telah mencerminkan program kegiatan prioritas, yang ingin dicapai oleh pemerintah," kata Bupati.

Pencapaian target dan arah pemerintah sebagai pengejewantahan dari pencapaian target arah pembangunan daerah dengan menpertimbangkan asas manfaat,” tutup Bupati. (Sutarjo)

error: Content is protected !!