Bencana Asap Melanda Sintang, IJS dan KPA Sintang Bagikan 1000 Masker

419
Ketua IJS, Heri Sumitro Lingga. (Foto : Yuli)

SINTANG | SenentangNews.com – Ikatan Jurnalis Sintang (IJS) bersama Komunitas Pencinta Alam Sintang membagikan 1000 masker kepada sejumlah pengendara yang melintasi simpang Polres Sintang dan Simpang Lima Sintang, Kamis (19/9/2019).

Ketua Ikatan Jurnalis Sintang, Hery Sumitro Lingga mengungkapkan pemberian masker ini salah satu wujud kepedulian dari jurnalis Sintang kepada masyarakat atas bencana asap yang saat ini sedang melanda Kabupaten Sintang.

“Kualitas udara kita pernah berada di ambang bahaya untuk kesehatan. Inilah yang membuat kami bergerak untuk saling mengingatkan masyarakat agar tetap memperhatikan kesehatannya salah satunya adalah menggunakan masker saat keluar dari rumah,” ujarnya.

Pembagian masker di Simpang 5 Sintang. (Foto : Yuli)

Hery Sumitro Lingga yang kerap akrab dipanggil Lay ini mengaku bahwa pemberian 1000 masker belumlah mampu mengatasi permasalahan yang diakibatkan oleh bencana asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Salah satu pengambilan keputusan dalam peningkatan status Karhutla yang sebelumnya siaga menjadi Tanggap Darurat adalah menurunkan kualitas kesehatan karena turunnya kualitas cuaca. Banyak masyarakat yang terkena ISPA. Dan kami harus mengambil peran untuk membantu sambil mengingatkan untuk selalu menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat agar tubuh selalu fit meskipun terpaksa beraktivitas di luar rumah meskipun kualitas udara sedang tidak sehat,” tuturnya.

Pembagian masker di Simpang Lima. (Foto : Nia) 

Lay berharap bencana asap di Indonesia khususnya di Kabupaten Sintang segera berakhir agar semua bisa berjalan seperti biasanya. Untuk itu, ia berharap pihak terkait dapat diberikan kesehatan sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan penuh amanah dan tanggung jawab.

“Kerugian yang diakibatkan dari bencana asap ini tidak sedikit, kesehatan terganggu, pendidikan tersendat, ekonomi kacau, dan masih banyak lagi hal lainnya. Kita berharap ini segera ditangani sehingga bencana ini lekas berakhir,” tukasnya. (Uli)