Lebih Dari 5, Calon Kades Harus Lalui Fit dan Proper Test

292

SEKADAU | SenentangNews.com
Bagi desa yang calon kepala desanya melebihi 5 orang harus melalui Fit dan Proper Test agar satu desa hanya lima orang calon saja.

Sehinga Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) harus melakukan seleksi,terhadap desa yang calon kadesnya melebihi ketentuan.

Kegiatan seleksi tersebut dibuka oleh wakil bupati Sekadau Aloysius di Aula SMK Amaliyah Sekadau, Kamis (19/9).

“Ada dua cara untuk melakukan seleksi, yakni dengan cara tes tertulis dan tes wawancara,” kata wabup mengawali sambutanya.

Menurut Aloy, tes ini tidak bermaksud untuk mengurangi hak seseorang untuk dipilih dan memilih,tapi itu sudah menjadi ketentuan,sehinga setiap desa tidak ada calon kepala desa yang lebih dari lima orang.

” Hanya lima orang yang akan dinyatakan lulus oleh tim seleksi, merekalah nanti yang berhak mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)serentak pada 3 Oktober 2019 mendatang,”kata Aloy.

Menurut Aloy, tugas panitia seleksi hanya sebatas melakukan penilaian sesuai teknis yang telah ditentukan, untuk penentuan kelulusan juga sesuai hasil tes dari masing-masing peserta.
Tidak ada rekayasa, apalagi suka atau tidak dengan tersebut.

“Semuanya sesuai aturan yang sudah berlaku, lagi seleksi ini sudah lama berlangsung, bukan baru kali ini saja,”timpal Aloy.

Kepada peserta Aloy berpesan, nanti apabila sudah dinyatakan lulus seleksi, bersainglah dengan baik dan sportif, jangan saling menjelekkan satu sama lain, saran Aloy (sutarjo)