Dari Pisah Sambut Hatta-Kaha, Pindah Tugas Kendaraan Dinas Jangan Dibawa

507
Pisah sambut Kaha-Hatta di Dinakertrans Sintang. (Foto : Lucas)

SINTANG | SenentangNews.com – Masih terkait mutasi Pejabat Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Sebuah contoh yang baik, baru saja diperlihatkan saat acara Pisah-Sambut di Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, hari Kamis (19/9/2019). Yakni, Pisah-Sambut antara Kepala Dinas yang lama, Hatta dengan Kepala Dinas yang baru, F. Kaha. Kegiatan ini dipungkas dengan sebuah prosesi yang patut diteladani oleh OPD lain, yaitu serah terima kendaraan inventaris.

Kendaraan dinas kantor bernomor polisi KB 30 A dan kendaraan dinas lapangan bernomor polisi KB 978 EA, telah diserah oleh Hatta kepada F. Kaha. Meskipun kedua pejabat Eselon Dua tersebut hanya bertukar tempat tugas. Hatta sekarang menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) dan F. Kaha menjadi Kepala Dinas Perhubungan.

“Jika kita pindah tugas dari satu OPD ke OPD lain, kendaraan dinas sebagai Kepala Dinas jangan dibawa pindah. Serahkan kepada pejabat yang menggantikan kita,” ucap Hatta kepada media ini.

Peristiwa ini disaksikan Asisten Tiga Setda Sintang, Zulkarnain dan pejabat dari Badan Kepegawaian Daerah serta para mitra kerja Dinas Perhubungan. Para mitra kerja yang nampak hadir, antara lain dari Satuan Lalu Lintas Polres Sintang yang diwakili oleh Iptu Budi Santoso, Kepala Bandara Tebelian, Patah, dan Kepala BMKG Sintang, Supriandi. Nampak hadir juga Kepala Kantor Cabang Jasa Raharja.

Hatta serahkan mobil Dishub kepada Maha sebagai Kadishub yang baru. (Foto : Kris Lucas)

Usai acara di jalan YC Oevang Oeray, kemudian dilanjutkan dengan acara serupa di Dinas Nakertrans di Jalan MT. Haryono. Berita Acara Serah terima jabatan pun dilakukan di dua tempat. Pisah Sambut di Dinas Nakertrans, juga disaksikan oleh mitra kerja Dinas Nakertrans dari BPJS.

Menurut Hatta, dirinya menjabat Kepala Dinas Perhubungan sejak tahun 2010, dan di dinas ini dirinya sempat empat kali dilantik. Termasuk saat perubahan nomenklatur karena organisasi instansinya ini pernah ditambah Bidang Kominfo, dan kemudian saat Kominfo menjadi OPD sendiri.

Dilain pihak, Florensius Kaha pun sudah sejak tahun 2012 menjadi Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans). Pada tahun 2017, Bidang Sosial menjadi OPD sendiri, Kaha dilantik lagi menjadi Kepala Dinas Nakertrans. Namun keberadaan dirinya di OPD ini sebetulnya sudah cukup lama yaitu 10 tahun 7 bulan. Karena dimulai saat dirinya menjabat sebagai Sekretaris Dinas ini pada tahun 2009.

Dalam acara di dua tempat ini, Hatta dan F. Kaha didampingi oleh isteri masing-masing sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan di instansi masing-masing. (lcs)