Sekilas Info

PT MNS Serahkan Peralatan Damkarhutla Kepada Tujuh Desa Kawasan Perbatasan

Foto bersama usai penyerahan peralatan pemadam karhutla.

SINTANG | SenentangNews.com - Setelah pada tanggal 13 September sukses menyerahkan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (Damkarhutla) kepada 17 desa di Sepauk dan Tempunak, group perusahaan Dharma Satya Nusantara (DSN) kembali membagikan peralatan yang sama untuk tujuh desa di dua kecamatan perbatasan Kalimantan Barat – Sarawak; Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah.

Penyerahan dilaksanakan di Balai Pertemuan desa Mungguk Entawak, hari Sabtu (14/9/2019). Setiap set peralatan terdiri dari; handy-talky, mesin alcon, pompa jinjing, noozzle 1,5”, selang hisap 4 m’, selang keluar 20 m’, tanki air 3.000 liter, sekop, gerigen 20 liter, kaus seragam Damkarhutla, safety helmet, sepatu boot api, kacamata goggle, lampu kepala, masker kepala babi, masker biasa, gebyok dan kapak.

Bagi PT. MNS ini bukan hal baru. Pada bulan Agustus 2018 lalu, perusahaan ini telah melatih dan melantik Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (TKTD) di Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah. Saat itu ada 27 orang mengikuti pelatihan ini, mereka berasal sembilan buah desa, yaitu; Empura, Embaleh, Mungguk Entawak, Suak Medang, Nanga Bugau, Sungai Bugau, Sekaih, Kubu Berangan dan dusun Mungguk Payan desa Mungguk Gelombang.

Sementara itu, ketujuh desa yang mendapat bantuan kali ini terdiri dari; Sungai Bugau, Nanga Bugau, Sekaih, Mungguk Entawak, Empura, Suak Medang, dan Kubu Berangan. Bantuan diserahkan melalui PT. Mitra Nusa Sarana (MNS). Ada lima perusahaan dibawah naungan DSN Group, yaitu PT. Mitra Nusa Sarana, PT. Kencana Alam Permai, PT. Dharma Persada Sejahtera, PT. Prima Sawit Andalan dan PT. Agro Andalan.

Hadir dalam acara tersebut Forkompincam lengkap dari Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu, para Kepala Desa, Kepala Dusun dan Ketua Adat dan sejumlah personil dan pihak manajemen PT. MNS.

Menurut Camat Ketungau Tengah, Dakun, PT. MNS sangat konsiten dalam penanganan pencegahan Karhutla. Ini dapat dibuktikan dengan adanya acara penyerahan peralatan pencegahan Karhutla ke tujuh buah desa di dua kecamatan.

"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada PT. MNS yang telah peduli dengan masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan Tim Kesiagaan Tanggap Darurat yang pernah dilakukan PT. DSN pada tahun 2018 lalu," kata Dakun.

Ditempat yang sama, Danramil Ketungau Hulu, Mayor Inf. A. Marpaung juga turut memberikan apresiasi. Menurut dirinya, di wilayah Ketungau Hulu ini baru PT. MNS yang mau memberikan bantuan alat Damkarhutla kepada desa-desa. "Harapan kami, tahun depan ada juga bantuan Damkarhutla untuk kecamatan," ucapnya dihadapan semua yang hadir.

Hal senada juga disampaikan Kapolsek Ketungau Tengah, Iptu Raharja. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh PT. MNS adalah bukti nyata kepedulian perusahaan ini terhadap operasi pencegahan Karhutla. PT. MNS juga selalu berkoordinasi dan secara rutin memberikan laporan.

Apresiasi juga datang dari para Kepala Desa yang hadir. Sebagaimana dikatakan Kepala Desa Empura, Albakni, bahwa dirinya atas-nama para Kepala Desa dan warga masyarakat menyambut baik serta mengucapkan terima kasih atas bantuan peralatan yang dibagikan ini. Menurutnya, ini adalah bukti bahwa pihak perusahaan bersedia bekerjasama dengan masyarakat.

Pihak manajemen PT. MNS yang diwakili oleh Plantation Head, Parama Wisnu, menjelaskan bahwa penyerahan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya perusahaan bekerjasama dengan masyarakat desa, khususnya dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla.

"Selama ini kerjasama kami dan masyarakat desa sudah terjalin sangat baik. Dengan adanya sinergi antara perusahaan dan masyarakat desa, kami harapkan dapat mengatasi ancaman Karhutla di wilayah ini. Sebelumnya pada hari Jumat kemarin, anak perusahaan DSN Group lainnya juga menyerahkan bantuan kepada 17 desa binaan yang berada di Kecamatan Sepauk dan Tempunak,” tutur Parama Wisnu.

Bantuan untuk kecamatan Sepauk dan Tempunak dilakukan oleh PT. Kencana Alam Permai, PT. Prima Sawit Andalan dan PT. Dharma Persada Sejahtera. Penyerahan dilaksanakan di halaman Mapolres Sepauk. Penyerahan ini disaksikan oleh Staf Ahli Bupati Sintang, Arbudin dan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Gunardi.

Dalam kesempatan tersebut, pimpinan DSN Group wilayah Kalimantan Barat, Jonner Silaen mengatakan, bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab perusahaan khususnya dalam mengatasi Karhutla di wilayah Kabupaten Sintang.

"Kami berharap, bantuan ini dapat mengurangi dampak yang terjadi apabila terjadi Karhutla. Dan kami akan terus-menerus berkoordinasi dengan masyarakat guna mencegah terjadinya Karhutla," kata Jonner. (lcs)