Belasan Ruko di Majapahit Sintang Dilahap Si Jago Merah

353
Petugas Damkar berupaya memadamkan api yang melahap belasan ruko di Jalan Majapahit Sintang. (Foto : Damkar)

SINTANG | SenentangNews.com – Belasan ruko di Jalan Majapahit Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang ludes dilahap si jago merah pada pagi ini, Sabtu (14/9/2019) sekitar pukul 05.40 WIB.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Sintang, Yudius mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan telepon sekitar pukul 05.45 WIB bahwa ada kejadian kebakaran di daerah tersebut.

“Saat mendapatkan telepon, kita langsung bergerak menuju tempat kejadian kebakaran dan langsung melakukan pemadaman. Api dapat kita padamkan sekitar pukul 08.00 WIB dan saat ini kita melakukan pendinginan. Diperkirakan ada 18 ruko yang terbakar pada peristiwa ini, detailnya nanti akan dijelaskan oleh pihak berwajib,” ujarnya kepada SenentangNews.com.

Petugas Damkar melakukan pendinginan lokasi kebakaran. (Foto : Damkar)

Yudius mengungkapkan bahwa dalam upaya pemadaman kebakaran ini pihaknya menggunakan teknik blokade area agar api tidak merambat pada bangunan lainnya. Hal itu dilakukan mengingat padatnya bangunan di daerah tersebut.

“Dari Damkar kita menurunkan tiga armada dan puluhan personil. Kita juga dibantu oleh Busera dalam upaya memadamkan kebakaran. Polri juga turut serta dalam mengamankan tempat kejadian dan mengatur lalu lintas sehingga kami bisa melakukan tugas dengan baik,” ucapnya.

Mengenai sumber api, Yudius mengaku belum mengetahui dengan pasti dikarenakan pihaknya masih melakukan upaya pendinginan pada tempat kejadian kebakaran tersebut.

“Tak ada kendala berarti, sumber air kita ambil dari Sungai Kapuas. Tak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, untuk penyebab kebakaran nanti akan ada pihak kepolisian yang bisa menjelaskan, tugas kami hanya melakukan pemadaman,” pungkasnya. (Uli)