Kualitas Udara Sintang Memburuk, Siswa Kembali Diliburkan

337

SINTANG | SenentangNews.com – Kualitas udara yang memburuk membuat Pemerintah Kabupaten Sintang memutuskan untuk memperpanjang libur sekolah hingga dua hari mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sudah mengeluarkan surat edaran Bupati Sintang untuk memperpanjang libur sekolah diakibatkan kualitas cuaca yang tidak baik hingga dua hari mendatang (12/9/2019).

“Dari hasil Pemeriksaan Standar Pencemaran Udara yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup, kualitas udara kita termasuk dalam kategori Sangat Tidak Sehat. Bupati Sintang sudah mengeluarkan Surat Edaran untuk memperpanjang libur sekolah bagi siswa PAUD, TK, SD dan SMP yang sejak kemarin hingga hari ini diliburkan,” tuturnya ketika dihubungi media SenentangNews.com via telepon selular, Selasa (10/9/2019).

Surat Edaran Bupati Sintang

Yustinus mengimbau agar siswa tetap belajar di rumah dan tidak berada di luar rumah jika tidak dalam kondisi mendesak mengingat kualitas udara di Bumi Senentang ini sangat tidak sehat.

“Untuk SMA masih menunggu keputusan karena itu merupakan wewenang provinsi, tapi kita berharap kebijakannya sama dengan kita di daerah,” ucapnya.

Meskipun siswa diliburkan, Yustinus mengimbau para guru untuk tetap melaksanakan kegiatan di sekolah seperti menyiapkan atau menyelesaikan perencanaan pembelajaran serta inovasi pembelajaran.

“Untuk orangtua, kita berharap dapat memonitor anaknya agar tidak melakukan kegiatan yang tidak penting di luar rumah. Kita berharap kondisi dapat semakin membaik sehingga kegiatan belajar mengajar dapat kembali dilakukan di sekolah,” pungkasnya. (Uli)