Launching LBH Cempaka, Ini Harapan Jarot

256
Launching LBH Cempaka

SINTANG | SenentangNews.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno, launching Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cendikiawan Muslim Pembela Keadilan (CEMPAKA) Kabupaten Sintang, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kabupaten Sintang,  di Halaman Kantor ICMI Sintang, Jalan MT Haryono KM 3, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kec. Sintang, Jumat (19/7/19) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Jarot mengapresiasi dan mendukung terbentuknya Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cendikiawan Muslim Pembela Keadilan (CEMPAKA), Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kabupaten Sintang ini.

“Terbentuknya LBH CEMPAKA ICMI didasari pada upaya untuk memenuhi hak konstitusional masyarakat miskin dan termanjinalkan khususnya di Kab. Sintang. Untuk itu, saya ingin LBH CEMPAKA dan ICMI ini Rahmatan Lil Alamin. Tunjukan adanya ICMI dan LBH Cempaka ini menjadi rahmat bagi seluruh masyarakat Sintang apapun suku, ras, agamanya,”tuturnya.

Jarot mengatakan keberadan LBH Cempaka ini harus disupport atau didukung agar bisa menjadi benchmark dan contoh yang baik bagi lembaga bantuan hukum dan komponen bangsa lain di Kabupaten Sintang ini untuk sama-sama berlomba mendirikan badan hukum.

“Jadi sentuhan LBH Cempaka ni dua yaitu membantu kaum duafa nanti mendoakan negara ini cepat maju dan membantu kaum duafa mencari keadilan sehingga akhirnya membantu umaroh atau pemerintah dalam membangun daerah dengan prinsip keadilan,” ucapnya.

Ketua ICMI Orda Sintang, Kurniawan mengatakan secara organisatoris ICMI mempunyai obsesi salah satunya adalah menyelenggarakan pemberdayaan dan advokasi baik di bidang sosial, ekonomi, hukum dan budaya dalam rangka meningkatkan martabat rakyat kecil dan kelompok yang lemah, itulah yang diamanahkan anggaran dasar ICMI.

“ICMI mencatat memang masih ada fakta yang menyebutkan masih banyak rakyat kecil, kelompok kecil yang kadang sulit mengakses pelayanan hukum yang baik termasuk di Kabupaten Sintang sehingga dengan lahirnya LBH Cempaka ICMI ini menjadi solusi agar pelayanan hukum baik di peradilan maupun di non peradilan bisa lebih meningkat kembali,” ujarnya.

Ketua LBH CEMPAKA, Hartati mengatakan berdirinya LBH ini didasari pada upaya untuk memenuhi hak konstitusional masyarakat miskin dan termanjinalkan khususnya di Kab. Sintang dan tujuan berdirinya adalah untuk melaksanakan Rule of the law dan merupakan akses terhadap keadilan yang memiliki peran instrumental dalam pencapaian tujuan nasional.

“Tugas utama dari LBH CEMPAKA, ICMI Sintang ini adalah melakukan pelayanan hukum berupa pendampingan hukum baik secara litigasi maupun non litigasi untuk masyarakat miskin dan termanjinalkan secara pro Bono atau tanpa di pungut biaya,” katanya.

Hartati menyampaikan Visi LBH CEMPAKA, ICMI Sintang adalah mengakvokasi dan melindungai masyarakat dalam mendapatkan keadilan hukum tanpa memandang suku, ras, agama dan golongan serta berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman dan nilai-nilai Pancasila.

“Sementara misinya yaitu menyelenggarakan pemberian bantuan hukum dan konsultasi hukum terhadap seluruh lapisan masyarakat, menyelenggarakan penyuluhan hukum dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, menjamin keadilan hukum terutama bagi masyarakat yang kurang mampu, melindungi hak-hak masyarakat miskin yang di rampas, mendahulukan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi dan kelompok dan melaksanakan seluruh program perkumpulan berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman dan nilai-nilai Pancasila,” jelasnya. (Hms/Uli)