Sediakan Banyak Tuak, Desa Cipta Karya Raih Penghargaan PGD

284
Wakil Bupati Sintang bersama Danrem 121/Abw menutup pelaksanaan PGD ke-VIII Sintang

SINTANG | SenentangNews.com – Wakil Bupati Sintang, Askiman menutup pelaksanaan Pekan gawai Dayak (PGD) Sintang yang telah berangsung sejak tanggal 9 Juli lalu. DAD Tebelian yang mendominasi sebagai pemenang berbagai jenis lomba yang diadakan pada PGD Sintang ini mendapatkan Piala Bergilir PGD yang dibeikan langsung oeh Wakil Bupati Sintang.

Pada kesempatan ini, Askiman mengharapkan agar kegiatan PGD bisa menjadi agenda rutin setiap tahun. Untuk itu, ia meminta kepada semua pihak yang terkait untuk mempersiapkan Rapeda terkait hal tesebut.

“Jika ingin dilakukan secara rutin maka siapkan draft aperdanya sehingga nanti bisadiajukan dan dapat diakukan secara utin setiap tahunnya sama halnya dengan pelaksanaan Hari Jadi Kota Sintang,” tutunya yang menutup pelaksanaan PGD tersebut di halaman Indoor Sintang komplek Stadion Baning, Sabtu malam (13/7/2019).

Askiman juga menegaskan bahwa pihaknya berusaha untuk merampungkan pembangunan umah Betang Tampun Juah sehingga bisa digunakan pada pelaksanaan PGD tahun mendatang.

“Ada banyak yang harus dibenahi dan dibangun sehingga tahun mendatang bisa digunakan untuk pelaksanaan PGD. Kami mohon doa dan dukungannya,” ucapnya.

Askiman juga menyerahkan sejumlah piagam yaitu Piagam Gawai Dayak tebaik yang diberikan kepada Desa Sekubang, Piagam Gawai Dayak Mandiri kepada Desa Empunak, dan kepada Desa Cipta Karya dengan tuak terbanyak.

“Masyarakat biusa disebut masyarakat adat dengan beberapa kriteia yaitu memiikinorrma kesopanan, wilayah adat, lembaga adat, lembaga hukum adat, kebiasaan adat dan sebagainya,” katanya.

Ketua PGD Sintang ke-VIII Tahun2019, Yustinus mengaku bersyukur dan mengucapkan terimakasih karena kegiatan PGD ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib sebagaimana yang diharapkan.

“Tentunya ini tidak terlepas dari kinerja panitia dan semua pihak yang membantu termasuk masyarakat sehingga pelaksanaan PGD ini dapat berjalan sesuai harapan. Tentu kita akan evaluasi kembali agar pelaksanaan PGD mendatang dapat berjalan lebih baik lagi,” pungkasnya. (Uli)