Sekilas Info

Hari Pers Internasional, Roni : Berikan Berita Berimbang

SINTANG | SenentangNews.com – Setiap tanggal 3 Mei, Jurnalis yang ada di seluruh dunia memperingati Hari Pers Internasional.

Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang, Florensius Roni mengharapkan seluruh jurnalis yang ada di dunia khususnya yang ada di Kabupaten Sintang dapat terus maju dan aktif dalam memberitakan kondisi Kabupaten Sintang.

“Terus maju, sukses khususnya dalam bidang pemberitaan. Berikan berita yang seimbang dan sebena-benanya sehingga fungsi pers salah satunya adalah mengedukasi masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya kepada awak media SenentangNews.com, Jumat (3/5/2019)

Roni mengungkapkan bahwa peran pers sangat penting khususnya dalam pemerintahan baik dalam menyampaikan kritik masyarakat maupun menyampaikan informasi yang membangun baik pemerintahan maupun bagi masyarakat.

“Bagaimana pun, pers sangat penting dalam tatanan kehidupan dari berbagai lini. Maka, jaga nama baik Pers, bekerjalah sesuai tatanan yang berlaku, berikan berita yang sebenarnya atau bukan hoax dan tentu haus berimbang,” ucapnya.

Hari Kebebasan Pers Sedunia bermula pada tahun 1993, ketika Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa menetapkan 3 Mei sebagai hari untuk memperingati prinsip dasar kemerdekaan pers, demi mengukur kebebasan pers di seluruh dunia.

Sejak saat itu, 3 Mei selalu diperingati demi mempertahankan kebebasan media dari serangan berbagai pihak dan memberikan penghormatan kepada para jurnalis yang meninggal dalam menjalankan profesinya.

Di Indonesia sendiri, kebebasan pers diawali pada tanggal 23 September 1999, ketika Presiden Indonesia BJ Habibie mengesahkan UU No. 4 Tahun 1999 tentang Pers, yang mencabut wewenang pemerintah dalam menyensor dan membredel pers.

Pada peringatan tahun 2017 ini, para jurnalis menyerukan tiga seruan, seperti menolak segala bentuk kekerasan terhadap jurnalis, menolak monopoli dan intervensi media, serta melawan segala informasi dan berita hoax. (Uli)