Gelar Clean Up, Trash Hero Sintang Ajak DIET Sampah Plastik

320
Trash Hero Chapter Sintang gelar Clean Up di komplek Stadion Baning Sintang. (Foto : Anwar)

SINTANG | SenentangNews.com – Upaya ciptakan lingkungan bersih dan sehat, Trash Hero Chapter Sintang melakukan gerakan Clean Up dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan “Diet Sampah Plastik” di komplek Stadion Baning Sintang, Minggu (7/7/2019).

Salah satu warga masyarakat yang tinggal di kawasan Stadion Baning Sintang, Tika mengapresiasi adanya giat yang dilakukan oleh organisasi Trash Hero Sintang.

“Tadi awalnya saya pikir komunitas yang mencari plastik untuk dibuat kreasi atau didaur ulang, ternyata bukan, semua sampah diambil. Ini suatu langkah bagus yang dilakukan para Pahlawan Sampah di Kabupaten Sintang ini,” ujarnya kepada awak media SenentangNews.com.

Tika berharap akan lebih banyak lagi warga masyarakat khususnya generasi muda yang bergerak bersama melakukan kegiatan “bersih-bersih” sehingga lingkungan akan tetap bersih dan nyaman terlebih lagi bagi anak-anak.

“Saya pribadi sering melakukan bersih-bersih sekitar namun karena terbatas waktu jadi ala kadarnya. Saya cuma mau lingkungan bersih dan nyaman. Saya juga sudah mengedukasi anak-anak saya untuk tidak membuang sampah sembarang, ini harus dilakukan sedini mungkin,” tuturnya.

Chapter Leader Trash Hero Sintang, Frista Wibawa yang kerap disapa dengan Kipli ini mengungkapkan bahwa organisasi ini sudah dibentuk sejak bulan Mei tahun 2018 lalu dengan tujuan mengajak masyarakat khususnya generasi mileneal untuk menggalakkan “Diet Sampah Plastik” dan Clean Up atau membersihkan sampah agar lingkungan tetap bersih, sehat dan nyaman baik bagi masyarakat itu sendiri maupun bagi wisatawan.

“Diet Sampah Plastik yang dimaksud adalah mengurangi penggunaan hal-hal yang menggunakan plastik, dan itu bukan PANTANG menggunakan plastik karena untuk pantang tentu sangat sulit mengingat masih banyak produk kita gunakan masih menggunakan kemasan bahan plastik contohnya saja sabun, shampo dan lain-lain,” ucapnya.

Kipli menyampaikan “Diet Sampah Plastik” dan Clean Up ini sudah mulai digerakkan diberbagai belahan dunia dan di berbagai daerah yang ada di Indonesia khususnya daerah yang mengedepankan pariwisata seperti Bali dan Lombok. Pasalnya, kondisi bersih dan nyaman menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Sintang.

“Di Mancanegara hal ini sudah menjadi passion dan ini juga sudah dilakukan dibeberapa daerah di Indonesia. Beberapa hal Tren yang dilakukan adalah mengurangi penggunaan sampah plastik dengan cara membawa tas belanja sendiri, menggunakan peralatan makan dan minum sendiri, mendaur ulang sampah plastik dan berbagai hal lainnya yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Kipli mengajak seluruh warga masyarakat untuk menggiatkan “Diet Sampah Plastik” dan clean up. Ia juga akan menggalakkan Trash Hero Kids dengan mengedukasi anak-anak mengenai “Diet Sampah Plastik’ serta mengajak turun langsung ke lapangan melakukan Clean Up.

“Kita ada Media Sosial yaitu FB dan IG dengan akun TrashHeroSintang disitu masyarakat bisa melihat langsung apa yang sudah kita lakukan, daerah mana yang kita lakukan clean up, dan sejauh mana kegiatan yang kita lakukan,” katanya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi mengapresiasi adanya kegiatan yang dilakukan oleh Trash Hero Chapter Sintang. Hal ini menunjukkan adanya semangat dan kepedulian dari generasi muda untuk menjaga lingkungan di Kabupaten Sintang.

“Ini adalah langkah bagus yang dilakukan oleh generasi muda untuk menjaga kebersihan lingkungan yang sebenarnya menjadi modal penting dalam meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten Sintang,” tuturnya.

Kusnadi berharap giat sederhana yang dilakukan oleh Trash Hero Chapter Sintang ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih peduli dengan kebersihan dan mengantisipasi adanya penumpukan sampah yang tidak hanya merusak keindahan namun juga berdampak buruk bagi kesehatan.

“Tentu kita berharap akan makin banyak masyarakat yang termotivasi untuk melakukan giat serupa. Dengan demikian, Kabupaten Sintang akan semakin terjaga kebersihannya sehingga semakin nyaman bagi siapapun,” tukasnya. (Uli)